Skip to main content

5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia

Forumkomputer.com | 5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia - Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan teknologi komunikasi? Teknologi komunikasi berdasarkan saya ialah sumber warta untuk masyarakat yang ingin mendapat atau memberikan sebuah warta kepada kerabat maupun kepada seluruh publik.

Kemajuan teknolog komunikasi telah banyak membawa dampak faktual dan negatif dalam kehidupan kita, oleh alasannya ialah itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui cara yang sempurna dalam menyikapi kemajuan teknologi komunikasi  tersebut untuk menghindarkan dampak dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan teknologi komunikasi. Sikap yang sanggup kita ambil terhadap kemajuan teknologi komunikasi yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita akan komunikasi yang ingin kita dapatkan melalui teknologi komunikasi.

 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia  5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia


Teknologi komunikasi terus berkembang pesat. Perkembangan awal komunikasi jarak jauh ialah melalui surat. Kemudian berkembang ke telepon, pager/pejer. Setelah itu, berkembang lagi menjadi telepon genggam yang sanggup melaksanakan telepon dan juga pesan elektronik yang berjulukan SMS atau kependekan dari short Message service. Hingga sekarang, kita gunakan media umum dan pesan instan melalui smartphone.

Perkembangan teknologi komunikasi ini tujuannya tentu saja untuk mempermudah insan melaksanakan komunikasi jarak jauh. Namun selain hanya mempermudah komunikasi antar manusia, masih ada manfaat lainnya.

Berikut ialah 5 manfaat dari perkembangan teknologi warta untuk kehidupan manusi :

1.  Memudahkan komunikasi

Sudah terang kalau manfaat utamanya ialah untuk memudahkan komunikasi sesama manusia. Selain mudah, waktunya pun lebih cepat. Ketika komunikasi masih memakai surat, waktu biar mendapat akhirnya relatif lama. Contohnya, ketika kita kirim surat memakai pos, waktu tempuh surat itu hingga ke alamat yang dituju lebih kurang tiga hari. Itupun dengan catatan tidak ada halangan terhadap pengantar pos. Namun lamanya pengiriman surat juga bergantung dengan jarak dan medan yang dilalui. Semakin susah dijangkau, maka surat pun akan susah hingga ke alamat tujuan.

Kini, komunikasi sanggup dilakukan dengan sangat gampang dan cepat berkat adanya internet sebagai media komunikasi. Melalui koneksi internet yang cepat, kita sanggup berkomunikasi melalui surat elektronik, konferensi video, dan lain-lain secara cepat sehingga menghemat waktu dan biaya.

2.Mendapatkan warta lebih cepat

Selain komuunikasi yang cepat dan mudah, manfaat lainnya ialah kita mendapat warta yang lebih cepat. Jika dulu, kita mendapat warta hanya melalui koran, buku, televisi dan juga radio saja. Kini kita mendapat banyak warta melalui internet di manapun dan kapanpun.

3.Memudahkan pencari kerja

Jika dulu ketika kita ingin melemar ke perusahaan kita harus membawa lamaran ke perusahaan tersebut dan ketika perusahaan tersebut jauh kita harus samperin perusahaan tersebut dan akan memakan biaya transfortasi yang sangat mahal. 

Saat ini, ketika kita ingin melamar pekerjaan kepada sebuah perusahaan, sanggup dilakukan dari jarak jauh tanpa harus tiba ke daerah yang dituju. Cukup siapkan berkas-berkasnya dan kirimkan melaui email. Hal ini tentu saja meringankan pencari kerja tersebut. Selain untuk melamar kerja, komunikasi digital juga memudahkan untuk mendapat pekerjaan secara lepas atau freelance.

4.Memudahkan transaksi perbelanjaan

Jika dulu kita ingin belanja suatu produk kita harus pergi ketokonya dan jikalau di toko itu barang yang kita inginkan tidak ada kita harus mencari barang tersebut ke toko lain. dan ketika kita ingin membayar suatu barang kita harus mengantri terlebih dahulu dan akan memakan waktu yang sangat lama.

Dan kini kalian mengenal toko online atau online shop yang ketika ini tengah digandrungi masyarakat? Salah satu manfaat online shop ialah pada transaksinya yang dipermudah. Contohnya untuk toko online, kita hanya beberapa klik saja untuk mendapat barang yang kita inginkan.

Jika kita tidak mendapat barang yang kita inginkan di toko onlien tersebut kita hanya perlu mencarinya ke situs toko online lainya di smartphone atau laptop kita. Bagaimana dengan sistem pembayarannya? Bisa memakai metode transfer melalui rekening.cukup gampang dan tidak memakan waktu yang lama.

5.Mempersingkat waktu dan memangkas biaya

Dalam dunia industri, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit lantaran sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia.

Setelah kehadiran teknologi komunikasi, produksi sanggup dilakukan setiap hari, cepat dan biaya pun sanggup dipangkas. Hal ini sekaligus sanggup meningkatkan keuntungan bagi setiap perusahaan.

Nah itu dia 5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia jikalau kalian menyukai artikel ini kalian boleh tekan share dan jikalau kalian galau dengan artikel ini kalian boleh beri komentar di bawah ini. Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar