Skip to main content

Tips Sukses Beternak Burung Puyuh

Tentang tips-sukses berternak burung puyuh

Siapa sih gak kenal sama telur puyuh ini
Hampir setiap kalangan hampir mengenal telur puyuh ini.baik yang di sajikan dalam bentuk sate telur.yang sangat di sukai oleh semua kalangan atau dalam bentuk yang lainnya.

Pasti ada beberapa orang yang ingin tau dengan burung puyuh ini,seperti apa bentuk burung puyuh ini dan bagaimana cara bertelur nya apa kah harus di kawinkan dengan jantan semoga dapat setiap hari nelur??
Itu lah yang dulu admin pikirkan soal puyuh sebelum terjun kedunia perpuyuhan ini.

Di sini aku akan sedikit mengulas perihal perpuyuhan berdasarkan pengalaman admin sendiri dan berdasarkan saran dari rekan rekan sesama peternak puyuh ini.

Bagi anda yang ingin beternak burung puyuh sebaiknya anda pikirkan matang-matang dari banyak sekali hal dan imbas pada lingkungan sekitar nya.
Kalo anda ingin memulai usah ternak puyuh tapi sangkar akrab dengan pemukiman warga sebaik nya anda pikirkan matang-matang sebelum beternak
Karena kalo kita beternak akrab dengan pemukiman warga niscaya akan ada yang protes dengan amis sangkar tersebut.itu lah yang aku rasakan ibarat dulu.mau berhenti tapi modal yang di keluarkan juga besar belum balik modal tapi sudah di protes dengan tetangga sekitar,akhir nya aku berpikir keras cara mengolah limbah yang di hasilkan puyuh ini.dan tamat nya aku berhasil mengurangi amis sangkar yang di hasilkan limbah puyuh ini.kunci kalau kita ingin memulai perjuangan beternak anda sebaiknya memikirkan perihal pengolahan limbah yang di hasilkan binatang ternak yang sudah aku post di halaman sebelum nya silahkan cari cari di archive blog ini.jika kurang paham silahkan bertanya :)

Ok kembali ke topik perihal sukses beternak burung puyuh

Sebelum berternak anda harus mencari para pembibit burung puyuh yang sudah recomend.karena kesuksesan kita pertama dari baik atau jelek nya bibit puyuh itu sendiri.dan yang ke dua perihal cara perawatan nya.

Cari lah penjual bibit yang benar benar recomend dari banyak sekali sumber jangan berasal dari satu sumber saja.anda dapat bertanya pada lembaga forum yang sudah ada.hindari pembelian dari para blantik,karena harga akan sedikit jauh lebih mahal.

Langkah langkah persiapan rumah sangkar puyuh,harus di buat senyaman mungkin.tidak terlalu panas,dan perhatikan arah mata angin bertiup dari mana?ini memang ibarat sepele,tapi jangan salah ini juga sangat penting itu berdasarkan pengalaman saya.

Berikutnya siap kan kawasan pengolahan limbah kotoran ternak ,saya saran kan buatlah kawasan pengolahan limbah yang tertutup kalau akrab dengan rumah warga sekitar.dan atap kita pasang asbes yang transparan biar sinar matahari dapat masuk.
Jika sudah kini siap kan sangkar puyuhnya,jika modal besar dapat beli yang gres tapi kalo modal nya mepet di sarankan beli bekas tapi masih kondisi anggun semoga dapat di pakai beberapa periode.
Setelah itu kita siapkan sangkar pembesaran nya(kanan,kiri,belakang sangkar di tutup rapat denan triplek atau yang lain nya).dan menggunakan 3 buah bohlam.sebelum bibit/doq tiba sebaiknya lampu kandang,pakan,air  minum(disarankan air gula merah)lampu sudah dinyalakan dan sudah di siapkan.


Jika doq sudah tiba jangan buru buru kita keluar kandang,kita amati apakah bibit/doq berkumpul di bawah lampu atau malah kepanasan mepet pada tepi kandang/dinding kandang.jika berkumpul di bawah lampu berarti doq masih kedinginan tapi kalau pada mepet dinding sangkar berarti kepanasan,harus kita atur hingga doq menyebar(tidak di bawah lampu atau tidak mepet dinding kandang).
Jika posisi doq sudah meyebar tidak kedinginan atau kepanasan gres kita rehat dengan nyaman :)
Untuk derma vitamin 3 hari sekali.pakan pedaging di haluskan.
Setiap seminggu sekali populasi per kotak/perkandang di kurangi semoga tidak padat di dalam kandang,untuk jumlah nya di bagi semoga sama rata.

Kita berikan pakan pedaging dan vitamin pembesaran hingga umur 30 hari.
Setelah umur 31 hari pakan kita campur antara pakan pedaging dengan pakan  petelur dengan per bandingan 1:2.dan sedikit demi sedikit hingga jatah derma pakan 
Puyuh petelur full tanpa adonan pakan pedaging sehabis puyuh bertelur 70% dari jumlah populasi silahkan pakai pakan campur untuk adonan pakan sebelumnya sudah aku bahas.silahkan cari di archive blog ini.
Perlu di ingat derma katul dengan jumlah sedikit sekitar 25-35 kg dengan catatan sentrat juga di tambahin.dengan menggunakan pakan campur ini kita dapat mendapat laba sedikit lebih besar dari pada menggunakan pakan murni.
Tapi semua itu niscaya ada nilai plus minus nya jadi silahkan anda pikirkan langkah mana yang harus di ambil.

Sekian dari aku semoga bermanfaat ....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar