Skip to main content

Tips Cara Biar Laptop Tidak Cepat Panas

Tips Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Laptop atau notebook sangat tidak tahan terhadap panas. Jika laptop sudah terlalu panas maka sanggup jadi nantinya akan mati dengan sendirinya, dan bila ini terjadi berkali-kali maka akan memperpendek umur laptop. Kerusakan yang paling sering terjadi akhir laptop sering mati mendadak yaitu harddisk.
Berikut di bawah ini yaitu tips dan cara semoga laptop tidak cepat panas:
  1. Gunakan cooling pad untuk laptop
    Cooling pad membantu mengeluarkan udara panas dari laptop. Jika cooling pad kotor, jangan lupa untuk membersihkannya semoga tidak ada bubuk yang melekat pada laptop.
  2. Nyalakan laptop diruang terbuka atau setidaknya udara sanggup mengalir bebas
    Jangan menyalakan laptop di atas pangkuan Anda ataupun di atas permukaan lunak menyerupai kasur, bantal, sofa. Karena permukaan yang lunak sanggup menghambat lubang sirkulasi udara laptop.
  3. Ubah perfomance laptop anda
    1. Buka Power Options dari ikon baterai yang biasanya ada di system tray atau lewat control panel
    2. Sekarang buka sajian berikut: Change Plan Settings – Change Advanced Power Settings.
    3. Pada windows yang muncul klik pada Processor Power management – Maximum processor state, dari sini anda sanggup mengatur settingan maksimum pada on battery plugged in.
    Tergantung pada kinerja sistem laptop anda, konfigurasi dan kebutuhan sanggup diubahsuaikan menjadi 90% atau bahkan 80%.
    Dengan mengurangi sedikit persentase konsumsi Processor maka sanggup mengurangi panas yang dihasilkan sekitar 10-20 °C, dan tidak akan terlalu memperlambat kinjera laptop anda. Jika kinerja komputer masih lancar saja, maka sanggup diturunkan ke 80%, maka problem laptop overheat atau terlalu panas sanggup dikurangi.
  4. Hindari overclock kinerja laptop
    Jangan overclock kinerja laptop jikalau tak perlu. Overlock dengan perangkat lunak pihak ketiga akan menimbulkan panas yang berlebihan pada komponen-komponen laptop sehingga memperbesar peluang laptop Anda untuk kepanasan.
  5. Gunakan laptop di daerah yang sejuk atau ruangan ber-AC
    Hindari memakai laptop di daerah yang terkena sinar matahari langsung.
  6. Istirahatkan laptop
    Apabila Anda seorang yang suka main game dengan laptop, jangan lupa untuk menunjukkan waktu istirahat untuk laptop Anda. Karena LCD dan komponen laptop lainnya sangat rentan dengan panas.
  7. Bersihkan kipas & heatsink laptop dari debu
    Laptop yang sudah usang digunakan tentunya bubuk akan menumpuk di sekitar kipas & heatsink. Debu akan menghalangi udara yang masuk lewat cooling pad dan juga hembusan udara panas yang keluar.
Semoga tips cara menciptakan laptop tidak cepat panas diatas sanggup bermanfaat dan laptop anda sanggup jadi kekal dan tahan lama.

Sumber http://sehatytegal.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar