Skip to main content

Kenapa Rupiah Melemah Lagi? Apa Penyebabnya?

Kenapa Rupiah Melemah Lagi? Waktu lihat gosip ihwal nilai tukar mata uang Indonesia terhadap dolar Amerika makin dan makin merosot, 1000 pertanyaanpun muncul di kepala kita Kenapa Rupiah Melemah Lagi? Kenapa itu dapat terjadi? Dan apakah krisis ekonomi di Indonesia yang bikin ngeri itu bakal terulang kembali?


Walaupun rupiah terlihat naik - naik kepuncak gunung kenyataannya keadaan kini dengan dulu itu sangat berbeda. Singkatnya melemahnya rupiah waktu itu jauh dan jauh lebih parah dari pada dikala ini. Tapi bukan itu saja perbedaannya, perbedaan ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi hingga pada angka kemiskinan yang pada waktu itu jauh lebih tinggi. Pendeknya melemahnya rupiah ini memang serupa tapi semua itu sungguh tidak sama. Tapi, ngomong - ngomong soal rupiah yang melemah lagi kenapa bekerjsama ini dapat terjadi? OKE!

Kenapa Rupiah Melemah Lagi?

Jadi, ceritanya BI-nya Amerika itu sedang menciptakan kebijakan menaikkan suku bunga dan hasilnya itu menciptakan banyak orang kaya yang menarik semua uang diseluruh dunia dan memindahkan investasinya kesana. Kaprikornus jikalau berdasarkan aturan seruan dan penawaran " Terlalu banyak seruan maka semakin tinggi juga harganya " Akibatnya dolar Amerika menjadi mata uang untuk transaksi dunia berefek kemana - mana. Dan bagi kita imbas ini diperparah dengan Amerika yang Sedang marahan dengan China. Hal ini menciptakan uang mereka juga melemah dan alasannya banyak barang ekspor kita terjual kesana keadaanpun menjadi tambah merana. Tapi meskipun angkanya menjadi rekor sepanjang masa, Indonesia dapat dibilang masih lebih baik dari banyak negara alasannya faktanya berdasarkan salah satu peneliti keuangan negara kita termasuk negara paling kondusif dari krisis ekonomi dunia.

Tapi, mungkin kita bertanya - tanya juga kenapa waktu itu indonesia terkena krisis yang  luar biasa? Singkatnya itu alasannya ekonomi yang lambat, inflasi tumbuh hebat, perbangkan megap - megap, penduduk miskin tambah banyak, hutang negara yang jatuh tempo dalam waktu bersahabat dan rezim diktatorial yang bikin bank sentral tidak dapat leluasa bergerak dan hasilnyapun menyerupai yang kita tahu indonesia pun mengalami krisis ekonomi terburuk sepanjang sejarah . Meski krisis itu susah terulang dalam waktu bersahabat tentu saja rupih harus di dorong supaya makin kuat, bukan mencetak uang sebanyak - banyaknya tapi dengan kerja keras semoga sumber daya alam kita dapat bersaing di mata dunia hingga pada hasilnya dapat menyumbangkan banyak devisa untuk negara.

Nah, itulah sekilas ihwal kenapa rupiah melemah lagi. Semoga bermanfaat :)

Terimakasih sudah berkunjung di looekita.id dan membaca artikel ini :) Jangan lupa baca artikel lainnya Disini

Dan menyerupai biasa..
Jangan lupa untuk bersyukur :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar