Skip to main content

R.A. Kartini Penggagas Wanita Jago Kala Kini


R.A. KARTINI - Raden Ajeng Kartini merupakan perempuan jago yang lahir di jepara pada tahun 21 April 1879. Beliau merupakan perempuan kelahiran aristokrat yang dengan penuh kerendahan hati memperjuangkan kaum perempuan. Beliau dilahirkan dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasirah sebagai keterunan aristokrat jawa dia manfaatkan untuk memperjuangkan hak perempuan yang pada waktu itu kurang dihargai.

Perbedaan keadaan sewaktu kartini sangatlah berbeda dengan kondisi kini ini dimana pada waktu kartini kecil hanyalah dari kalangan aristokrat saja yang bisa berguru dibangku sekolah sedangkan mereka 'masyarakat biasa' tidak diperbolehkan untuk belajar. Kartini kecil bersekolah di ELS (Europese Lagere School) hingga ia berusia 12 tahun. Kartini merupakan perempuan cerdas sewaktu bersekolah ia berguru bahasa belanda dengan baik sehingga tak heran jikalau banyak tulisannya yang dimuat di majalah De Hollandsche Lelie.

Berawal dari situlah kartini banyak berguru perihal kiprah seorang perempuan sebgaimana perempuan dinegara lain terutama belanda. harapan kartini ingin menjadi seorang guru namun apa yang dicita-citakan ditentang ayahnya sewaktu dia ingin bersekolah ke jakarta atau belanda. sehabis agak remaja kartini lalu dinikahkan oleh sang ayah dengan Bupati Rembang K. R. M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. 

Setelah menikah Kartini masih melanjutkan untuk mewujudkan menjadi seorang guru dan didukung oleh sang suami. lalu kartini mendirikan sebuah sekolah untuk perempuan. tentu hal tersebut sangat disambut baik oleh masyarakat. ada beberapa buku yang telah ditulis oleh kartini yang paling terkenal berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Atas usaha R.A. Kartini perempuan bisa lebih berkiprah untuk bisa berekspresi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. tak heran jikalau kini ini banyak perempuan-perempuan jago yang menduduki jabatan penting di pemerintahan, legislatif dan lain sebagainya, tentu hal tersebut merupakan hasil kerja keras kartini memperjuangkan hak perempuan.

Doa' yang tak terhenti untuk pejuang perempuan R.A. Kartini, meskipun engkau telah wafat namun akan terus lahir Kartini-Kartini lain di masakini untuk melanjutkan perjuanganmu. melajutkan kiprah dan kiprah sebagai perempuan yang jago sesuai dengan kemampuan yang dimiliki itulah esensi yang bisa diambil dari usaha R.A. Kartini.    


SELAMAT HARI KARTINI
               

Sumber https://www.serbandeso.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar