Skip to main content

5 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Forumkomputer.com | 5 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer-Sistem keamanan Keamanan jaringan komputer ialah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bab dari sistem jaringan komputer . Tujuan /Keamanan jaringan komputer/ ialah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk bahaya fisik maupun logik baik eksklusif ataupun tidak eksklusif mengganggu acara yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer.

 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer 5 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer
Dan sebuah jaringan komputer harus mempunyai sistem keamanan untuk menghindari banyak sekali macam serangan oleh para hacker/cracker. Selain itu serangan juga sanggup berasal dari lingkungan sekitar kita. Untuk itu bagi tenaga direktur jaringan harus jeli dalam memakai jenis sistem keamanan yang digunakan.

Nah inilah 5 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer sebagai serikut :

1.Keamanan Fisik (Physical Security)
Suatu keamanan yang mencakup seluruh sistem beserta peralatan, dan media yang digunakan. Biasanya seorang penyerang akan melaksanakan wiretapping (proses pengawasan dan penyadapan untuk mendapat password biar sanggup mempunyai hak akses). Dan jikalau gagal, maka DOS (Denial Of Service) akan menjadi pilihan sehingga semua service yang dipakai oleh komputer tidak sanggup bekerja. Sedangkan cara kerja DOS biasanya mematikan service apa saja yang sedang aktif atau membanjiri jaringan tersebut dengan pesan-pesan yang sangat banyak jumlahnya. Secara sederhana, DOS memanfaatkan celah lubang keamanan pada protokol TCP/IP yang dikenal dengan Syn Flood, yaitu sistem sasaran yang dituju akan dibanjiri oleh seruan yang sangat banyak jumlahnya (flooding), sehingga jalan masuk menjadi sangat sibuk.

2.Kemanan Jaringan
Keamanan jenis ini lebih bertipe ke abstrak.Jadi kemanan ini dilakukan oleh benda yang tidak tampak, baik itu memakai software atau perintah lainnya. Contoh pengamanan jaringan ialah dengan memakai firewall ataupun proxy yang dipakai untuk mem filter user yang akan memakai jaringan.

3.Otorisasi Akses
Otorisasi jalan masuk ialah penggunaan password atau kata sandi jikalau kita ingin mengakses sesuatu di jaringan.Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan.

4.Proteksi Virus
Virus ialah sebuah metode penyerangan sistem komputer dengan memakai sebuah acara yang sanggup menciptakan sistem kacau dan mengalami kerusakan. Virus sendiri sanggup diatasi dengan menginstall antivirus pada komputer dan selalu update databasenya yang terbaru.

5.Penanganan Bencana
Perencanaan tragedi ialah Perencanaan langkah-langkah yang akan diambil jikalau terjadi tragedi yang mengakibatkan rusaknya sebuah sistem dan hilangnya data-data penting. Hal ini dimaksudkan biar kerusakan pada sistem lebih cepat teratasi.

Itu dia 5 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer jikalau kalian menyukai artikel ini kalian boleh tekan share dan jikalau kalian galau dengan artikel ini berilah komentar di bawah ini. Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar