Skip to main content

Cara Mengatasi Error Code 0Xc0000005 Dikala Install Windows 7

Tips dan Trik Komputer - Terdapat beberapa Error code yang sering muncul ketika instalasi Windows 7. Error Code lebih banyak terjadi alasannya ialah hardware, bahkan kadang kala hanya berupa "temporary issue" yang kadang hanya kebetulan saja.



Beberapa pesan error (error code). antara lain sperti dibawah ini:
 
  • Error Code 0xC0000005: Windows installation encountered an unexpected error. Verify that the installation sources are accessible, and restart the installation
  • Error code 0x80070017: Windows cannot copy files required for installation. The files may be corrupt or missing. Make sure all files required for installation are available, and restart the installation.  
  • Error code 0x80070002: Install Windows - Windows was unable to create a required installation folder. 

Ada beberapa cara mengatasi error code 0xC0000005.
  1. Spesifikasi minimal Windows 7. 
Banyak yang menerima hambatan pada hardware yang sering memunculkan error code 0xC0000005 ini, maka ada baiknya memastikan untuk seluruh hardware yang terpasang dalam PC kalian sudah sanggup memenuhi Spesifikasi Minimal untuk menjalankan System Operasi Windows 7. Sebagai berikut : 
  • Minimal Processor 1 gigahertz (GHz) 32-bit (x86) atau 64-bit (x64. 
  • RAM minimal 1GB untuk (32-bit) atau RAM minimal 2GB untuk (64-bit). *Disarankan: (32-bit) RAM 2GB dan (64-bit) RAM 4GB!!!.
  • Harddisk 16GB untuk (32-bit) atau 20GB (64-bit). Jika sistem sudah memenuhi syarat minimal. maka lanjutkan dengan langkah berikut. *Disarankan Harddisk 320GB keatas!!!.


  1. Kerusakan pada media installer. 
Munculnya error code 0xC0000005 dikarenakan bootingan pada (DvD, USB Flash disk) untuk instal Windows 7 bermasalah. 
    1. Pastikan bahwa kondisinya baik.
    2. Tidak ada file instalasi yang korup.

  1. Kerusakan pada Memory RAM. 
Kerusakan pada Memory RAM sering menjadi penyebab munculnya error code 0xC0000005.
    1. Langkah pertama kalian lakukan diagnosa (test) untuk mengecek kondisi memori RAM dalam keadaan baik atau error, sanggup dilakukan dengan Memtest86 yang terdapat pada Hiren’s Boot CD 10.0. Menjalankan test Memory RAM sanggup memakan waktu cukup lama, Makara siapkan saja Kopi Susu dan Sebungkus Rokok... hehehe.... :D 
    2. Yang kedua kalau kalian memakai lebih dari 1 keping Memory Ram, cobalah gunakan satu Memory RAM dahulu dan yang lainnya sanggup dilepas dulu. Lakukanlah pada semua Memory RAM yang akan dipakai. Dengan cara ini kalian sanggup menemukan kalau terdapat Memory RAM yang rusak. 
    3. Dan yang terakhir jangan lupa kalian membersihkan Kuningan pada Memory RAM (Menggunakan Penghapus Pensil) dan slot RAM (Menggunakan Kuas).

  1. Kerusakan pada Harddisk drive. 
Kerusakan pada Harddisk juga menjadi penyebab yang paling sering terjadi atas munculnya error code 0xC0000005. Yang paling sulit diatasi ialah kerusakan cluster (Harddsik corrupt). Jika sudah memformat Harddisk, kalau melaksanakan test Memory RAM dengan hasil baik, dan syarat minimal sistem sudah dipenuhi, ternyata masih muncul error 0xC0000005, maka perlu kalian curiga adanya cluster yang rusak pada Harddisk (sering disebut "bad sector"). 
    1. Cobalah kalian lakukan cekdisk CHKDSK dengan parameter /f ( chkdsk c: /f ). Jika chkdsk tidak mengatasi problem kalian, sanggup dicoba langkah selanjutnya. 
    2. Melakukan Low level format HDD - Low Level Format (LLF) berbeda dengan Format HDD. LLF ini sering disebut "melakukan Zero HDD" atau "Zero Filling". 
      1. Kalian sanggup download software Low Level Format di internet. 
        1. Jika kalian melaksanakan LLF sanggup sangat memakan waktu (beberapa jam). 
        2. Pada proses LLF akan menghapus semua data dan mengisinya dengan "zero", menemukan “Bad Sector” dan menggantinya dengan sector (cadangan) yang baik.
        3. Beberapa vendor HDD juga sediakan utility harddrive ini, biasanya khusus untuk brand HDD sebagai berikut. Contoh : Data LiveGuard Diagnostic Windlg.exe untuk HDD Western Digital (WD).
      2. Dan kalau kalian telah melaksanakan cara ini tetapi tidak mengatasi problem, maka sudah waktunya untuk (Harddsik Lama “Dimuseumkan” Hehe....) mengganti Harddisk dengan yang baru.


Sampai disini dulu ya saya memberi untuk membantu memecahkan permasalahan pada komputer atau laptop kalian. Semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua :D


Sumber https://otakit33.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar