Skip to main content

Cara Dropship Di Tokopedia Gampang Dan Kondusif | Wajib Baca

Dropship Tokopedia. Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata Dropship atau Dropshipper?

Dropship merupakan salah satu metode jual beli online yang mana penjual ( seller ) tidak perlu stok barang ataupun proses pengiriman. Semua proses pengirimannya diserahkan pada pihak ke tiga dan Anda hanya tinggal menunggu resi pengiriman yang nantinya akan Anda konfirmasikan pada seller Anda. Sedangkan dropshipper yaitu orang yang melaksanakan metode dropship.


Kalau dibaca dari klarifikasi tersebut mungkin terlihat sangat gampang untuk di praktekan. Ya, memanglah semudah itu. Tapi, untuk cara dropship yang kondusif ( tidak akan mengecewakan seller Anda ) tidaklah semudah itu, Anda perlu memahami beberapa hal ketika akan melaksanakan dropship. Apa sajakah hal - hal tersebut? Dan berikut ini beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan ketika melaksanakan dropship.
  • Cek toko penjual apakah penjual besar atau penjual kecil
  • Kesesuaian produk dengan yang Anda jual ke customer
  • Ketersedian produk yang akan di order
  • Harga produk jangan hingga mewati harga yang Anda jual
  • Cek deskripsi produk takutnya ada hukum ketika order di toko tersebut
  • Cek diskusi para seller lain di toko tersebut apakah pas respon atau tidak
  • Cek review produk tersebut apakah manis atau buruk?
  • Cek jumlah produk terjualnya
  • Dll.
Itulah beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan ketika akan melaksanakan metode dropship. Kalau Anda selalu memperhatikan hal - hal tersebut, saya jamin dropship yang Anda lakukan kondusif dan tidak akan mengecewakan customer Anda.

Salah satu daerah yang sering dijadikan sarana untuk melaksanakan metode dropship ini yaitu tokopedia. Tokopedia sendiri merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dengan salah satu tujuannya menawarkan pasilitas untuk berjual beli online kondusif dan mudah.

Dropship di tokopedia sendiri terbilang cukup mudah. Dan berikut ini saya share cara dropship di tokopedia gampang dan aman. Silahkan untuk disimak baik - baik!

Cara Dropship Di Tokopedia Praktis Dan Aman

Buka aplikasi tokopedia dan login dengan akun tokopedia yang Anda miliki

Untuk cara ini tidak perlu saya kasih tahu sebab saya yakin semua orang dapat dan sudah mempunyai akun tokopedia. Tapi, jika memang seandainya belum. Silahkan untuk membacanya di Cara Praktis Daftar Akun Tokopedia

Cari produk yang akan Anda beli di tokopedia

Saat akan mencari atau menentukan produk yang akan Anda beli di tokopedia, maka beberapa hal diatas harus benar - benar Anda perhatikan. Sebanarnya untuk cara ini sama saja dengan cara belanja di tokopedia yang mungkin sering Anda lakukan, hanya bedanya jika ini akan dikirim ke alamat orang lain ( customer Anda ) dan dikirim atas nama Anda.

Dan berikut ini cara belanja sekaligus dropship di tokopedia :

  • Search produk yang Anda cari di tokopedia

Silahkan masukan keyword produk yang akan Anda cari pada mesin pencarian tokopedia yang di atas halaman aplikasi tokopedia. 


Misal saya jual kaos kren dengan goresan pena blogger. Maka, keyword yang akan saya masukan adakah kaos blogger. Dan nantinya akan muncul halaman menyerupai pada gambar dibawah ini.


  • Short atau urutkan menurut penjualan

Setelah muncul beberapa kaos yang dicari,maka langkah selanjutnya yaitu mengurutkannya menurut penjualan. Mengapa penjualan gak termurah saja? Yang murah belum tentu yang suka dan laku. Tapi, jika kita urutkan berdsarkan penjualan maka secara otomatis produk yang akan muncul nantinya yaitu produk yang laku alias banyak di beli di tokopedia.

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

  • Pilih produk yang memang sesuai dengan yang Anda jual

Sebenarnya kebanyakan orang yang memakai sistem dropship ini mereka terlebih dahulu mencari supplier atau distributornya terlebih dahulu di tokopedia. Agar pas ada orderan masuk pada toko kita, maka kita tidak perlu mencari produk lagi cukup kunjungi toko supplier kita saja terkecuali jika seandainya produk yang Anda cari kosong. Jadi, pada dasarnya kebanyakan menjualkan produk orang lain dan kita hanya mengambil untungnya saja. Tapi, untuk cara mencari supplier atau biro juga kurang lebih sama menyerupai ini. 

Silahkan pilih produk yang sekiranya sesui dengan yang Anda jual baik itu ganbar, deskripsi dan tentunya sesuai juga harganya.


Oh iya, jika memang nantinya produk yang muncul mempunyai harga yang sama. Maka, Anda tinggal pilih produk yang reputasi atau reviewnya banyak. 


  • Cek kembali kesesuaian gambar, harga, deskripsi, diskusi dan review produk

Silahkan cek kembali kesesuaian dari produk tersebut mulai dari gambar produk, harga produk, deskripsi dari produk, diskusi para customer lain wacana produk tersebut ( ini akan mengakibatkan kita tahu apakah toko tersebut pass respon tau tidak ), dan yang terakhir review dari orang - orang yang membeli produk tersebut.

Silahakn perhatikan gambar dibawah ini : 







Nah, jika Anda sudah yakin dengan produk tersebut, silahkan untuk lanjut BELI saja

  • Masukan alamat customer dengan lengkap dan benar

Pastikanlah alamat customer Anda lengkap dan benar serta usahakan juga customer Anda menyertakan aba-aba posnya sebab mengisi aba-aba pso merupakan hal yang wajib diisi ketika belanja di tokopedia. Dan semoga nantinya Anda tidak ribet lagi untuk mencarinya kembai.

Dan berikut ini salah satu rujukan alamat yang baik menurut standar pengiman :

Nama lengkap - Alamat lengkap ( nama jalan, nama gang, nama desa, Rt/Rw, kelurahan dan patokan rumah. misal : bersahabat mesjid, bersahabat warteg rumah warna hijau ) - Kode pos - Nomer telepon

Silahakan isikan alamat cutomer Anda pada sajian tambahkan alamat baru. 

  • Tambahkan ekspedisi pengiriaman sesuai customer Anda mengguanakan apa

Kolom ekspedisi ini masa satu halaman dengan data pengisian alamat diatas. Dan silahkan Anda pilih ekspedisi yang memang sesuai dengan yang customer Anda gunakan. 


Oh iya lupa, satu hal juga yang harus Anda perhatikan juga pastikan toko yang akan menjadi dropship Anda sama dengan alamat Anda. Misalnya Anda di jakarata, maka Anda harus mencari juga toko yang menjual produk yang Anda cari berlokasi di jakarta. Mengapa demian? sebab jika alamat Anda berbeda maka secara otomatis ongkirpun akan berbeda. Ya, untung jika ongkirnya dapat jadi murah, jika dua kali lipat dari ongkir customer Anda bagaimana? rugi kan?

  • Lanjut Klik Beli Produk Ini dan Bayar

Setelah ini silahkan lanjutkan saja dengan klik beli produk ini dan bayar. Tapi, jika seandainya sustomer Anda beli dua item. Misal kaos dan celana. Maka, Anda tinggal pilih saja lanjutkan berbelanja.


  • Centang kolom kirim sebagai dropshipper

Karena kita akan kirim produk tersebut pada alamat customer kita dengan pengirim atas nama kita, maka sebelum cekout untuk melanjutkan pembayaran silahakan centang kirim sebagai dropshipper yang ada pada penggalan bawah alamat samping sebalah kanan layar laptop atau PC Anda.  Setelah itu isi nama pengirim dan nomer pengirim.


  • Pilih metode pembayaran tokopedia

Silahkan untuk menentukan metode pembayaran yang akan Anda lakukan. Untuk metode pembayaran tokopedia sendiri tidak mengecewakan cukup banyak mulai dari tranfer bank, via indomart, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Setelah itu Anda tinggal melaksanakan pembayan dan mengkonfirmasikan pembayarannya. Untuk pembayaran memakai indomart, alfamart, dan alfamidi Anda tidak perlu melaksanakan konfirmasi sebab sudah otomatis. 

Begitulah kurang lebih cara belanja dan sekaligus dropsip di tokopedia. Gimana? gampang bukan?

Silahkan untuk di coba!

Semoga info ini bermanfaat .. Jangan lupa isi kolom komentar dibawah dengan pertanyaan ataupun pengalaman Anda ketika pertama kali malakukan pembelian di tokopedia.

Salam sukses :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar