Skip to main content

Cara Gampang Belanja Di Tokopedia Memakai Aplikasi Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menunjukkan sarana dalam berjual beli secara online dengan mudah, mudah dan aman.


Diartikel kali ini saya akan share kepada Anda bagaimana cara belanja di tokopedia gampang memakai aplikasi tokopedia. Mungkin untuk Anda yang sudah mengenal marketplace tokopedia dan bahkan sudah sering berbelanja disana pastinya Anda tidak akan abnormal lagi dengan cara belanja di tokopedia yang akan saya share ini. Ya, walaupun demikian tidak Anda salahnya juga bukan untuk Anda membaca dan mempelajarinya kembali. Tapi, Untuk Anda yang gres mau mencoba berbelanja online di tokopedia, saya sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai alasannya ialah disamping akan mempermudah Anda dalam belaja di tokopedia, juga akan mempermudah Anda juga dalam mencari produk terbaik dari supplier terbaik. Jadi, tidak akan ada namanya salah pilih produk, belanja produk palsu, dan lain sebagainya.

Tanpa perlu basa bau lagi. Silahkan simak cara belanja di tokopedia dengan memakai aplikasi tokopedia berikut ini.

Cara Praktis Belanja Di Tokopedia

Oh iya, dikarenakan cara belanja di tokopedia ini menggunakanan aplikasi tokopedia ( Aplikasi android / via handphone ) maka sebelum itu untuk Anda yang belum menginstal aplikasi tokopedianya, silahkan untuk di instal terlebih dahulu di handphone atau smartphone Anda. 


Kalau Anda sudah menginstalnya, silahkan untuk membuka aplikasi tokopedia lalu login dengan akun tokopedia Anda. Untuk yang belum mempunyai akun tokopedianya, silahkan untuk daftar akun tokopedia terlebih dahulu. Untuk cara daftar akun tokopedia sendiri sangat gampang sanggup memakai akun facebook atau akun gmail. 


Sekarang kita mulai cara belanja di tokopedia gampang dan aman. Yuk! Simak.

1. Cari Poduk

Carilah produk yang akan Anda beli di tokopedia. Saya kasih pola misal Anda akan membeli produk kecantikan sekaligus perawatan wajah Erto's yang lagi ngetrand dikala ini. Maka caranya  search keyword ertos ( misal : cream malam ertos, cc cream ertos, facial stretment etos, cc cream ertos, serum kinclong ertos, dll ). Untuk lebih jelasnya silahkan cek gambar dibawah ini.


2. Urutkan Berdasarkan Penjualan

Setelah Anda klik sepakat dengan keyword yang sudah Anda masukan tadi, maka akan pribadi muncul produk - produk yang sama dengan harga dan toko penjual yang berbeda - beda. Nah, disini kadang sebagian orang awam cenderung pribadi menentukan saja. Apalagi jikalau sudah memuin harga yang relatif murah, niscaya pribadi sikat beli aja. Padahal cara belanja di tokopedia menyerupai itu cenderung tidak aman. Mengapa demikian? Kebanyakan produk yang muncul itu merupakan produk yang dipromosikan per satu jam dan biasanya juga yang muncul para seller gres ( yang gres jualan di tokopedia ) walaupun ada juga para jurangan - juragan ( seller senior tokopedia ) yang munucul. Sebenarnya sih gak duduk masalah juga belanja di seller gres ( yang penjualannya masih sedikit ) tapi, jikalau sudah Anda yang penjualannya banyak, produknya tebukti banyak kenapa tidak. Logikanya jikalau toko itu banyak yang mengunjungi dan banyak membeli produknya. Maka. sanggup dipastikan toko dan produk yang dijualnya bagus. 

Nah, biar kita tahu produk yang laku alias banyak yang beli maka Anda harus mengurutkannya menurut penjulan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar dibawah ini.



Nanti akan muncul kembali daftar produk yang Anda cari menurut banyaknya produk yang terjual. Tahu dari mana jikalau produk itu laris? Perhatikan angka disamping ratingnya. Silahkan untuk Anda pilih. Tapi, perlu diingat dikala memililih produk biar nanti gak mengecewakan maka Anda harus memperhatihan juga beberapa hal dibawah ini. 


Yang harus diperhatikan dikala menentukan produk :
  • Cek judul produk
  • Cek gambar produk
  • Bandingkan harga dengan toko lain, jikalau sama perhatikan dari sisi lainnya
  • Baca deskripsi produk
  • Cek komentar terbaru dari customer terhadap produk tersebut
  • Cek review produk tersebut
Intinya Anda harus memperhatikan kesesuaian antara judul, gambar, deskripsi dan harga.

3. Klik Beli


Kalau Anda sudah yakin dengan produk tersebut. Maka silahkan lanjutkan dengan mengklik BELI. Setelah itu Anda akan dialihkan pada halaman gres untuk mengisi nama, alamat, nomer telepon, keterangan, eksperdisi, dll.

4. Tambah Alamat Baru

Setelah Anda klik BELI, maka Anda akan dialihkan pada halaman gres untuk menentukan alamat atau menambahkan alamat baru. Kalau untuk yang sudah pernah belanja di tokopedia alamat niscaya akan pribadi muncu secara otomatis menyerupai pada gambar dibawah ini.


Untuk Anda yang gres mau bebelanja dan alamatnya belum tersedia, maka Anda cukup pilih Tambah Aamat Baru saja. Setelah itu nanti Anda akan dialihkan kembali pada kolom isian yang berisi nama, alamat, nomer telepon, arahan pos, dll. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

 merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menunjukkan sarana dalam berju Cara Praktis Belanja Di Tokopedia Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Keterangan : 
  • Kolom nama : Isi nama lengkap Anda / nama panggilan
  • Kolom alamat : Isi alamat dengan lengkap ( Nama jalan, nama kampung, nama desa, rt/rw, nomer rumah, kelurahan, dll ) isi selengkap mungkin.
  • Kolom nomer telepon : Masukan nomer telepon yang aktif yang sering Anda gunakan guna jikalau seandainya si kurir tidak tahu atau tidak menemukan alamat yang Anda cantumkan, si kurir akan menelepon atau sms Anda.
  • Kolom kopde pos : Masukan arahan pos alamat Anda
  • Pilih nama provinsi alamat Anda
  • Pilih nama kota atau kabupaten
  • Pilih nama kecamatan
Berikut ini pola pengisiannya :



Untuk kolom Catatan Untuk Penjual mau dikosongkan juga tidak apa - apa. Tapi jikalau memang dianjurkan oleh seller menyerupai menyertakan keterangan size dikala berbelanja pakaian atau sepatu silahkan untuk diisi. jikalau mau diisi biasa Anda isi dengan kalimat " mohon dikirim cepat ", " mohon untuk di packing rapih ", dll.

5. Pilih Ekspedisi / Kurir Pengiriman

Pemilihan ekspedisi atau kurir pengiriman dikala belanja di tokopedia ini masih ada pada satu halaman yang sama ketika Anda telah selesai memasukan alamat dan keterangan pembelian. Lebih jelasnya, silahkan untuk disimak pada gambar dibawah ini.



Saya contohkan memakai ekspedisi JNE Reguler. Untuk Anda yang tidak sudah memakai ekspedisi jne sanggup mnggunakan ekspedisi lainnya yang telah disediakan oleh seller tersebut. Kalau Anda sudah menentukan ekspedisi, maka langkah selanjutnya klik BELI saja.

6. Lanjutkan Belanja Atau Bayar

Setelah Anda mengklik BELI, maka Anda akan di suguhkan pada dua pilihan yaitu Lanjutkan Berbelanja dan Bayar. Opsi lanjutkan berbelanja ini biasanya dipakai jikalau seandainnya Anda ingin menambahkan prouk lain pada keranjang belanja Anda. Dengan kata lain belanja lebih dari satu item. Jadi, jikalau Anda mau melanjutkan berbelanja silahkan untuk menentukan opsi tersebut tapi jikalau memang satu item saja yang ingin dibeli di tokopedia, maka Anda cukup pilih saja Bayar. 

Oh iya, sekedar informasi. Untuk Anda yang ingin melanjutkan belanja sebaiknya belanja kembali di toko yang sama dikala pertama Anda berbelanja alasannya ialah akan lebih ekonomis pada ongkir ( ongkos kirim ). Kalau seandainya Anda cekout dari toko yang berbeda maka ongkirnyapun kan menjadi dobble.


Saya contohkan dengan pembelian satu item saja dulu ya. Untuk pembelian lebih dari satu item nanti sanggup Anda baca di artikel berikutnya. Silahkan klik Bayar saja.

7. Pilih Metode Pembayaran

Langkah selanjutnya ialah menentukan metode pembayaran yang akan digunakan. Untuk metode pembayaran tokopedia sendiri tidak mengecewakan cukup banyak sanggup memakai saldo tokopedia ( untuk Anda yang mempunyai saldo tokopedia ), transfer bank, indomart, alfamart, dll. 

Berikut langkah metode pembayaran dikala belanja di tokopedia :
  • Klik Pilih Metode Pembayaran 
  • Pilih opsi pembayaran yang akan Anda gunakan.


  • Contoh belanja di tokopedia memakai pembayaran Indomart / alfamart / alfamidi
Untuk metode pembayaran via indomart / alfamart / alfamidi ini terbilang cukup mudah, Anda cukup klik pembayaran via indomart, lalu pribadi klik bayar. Nah, sesudah itu nanati akan muncul arahan pembayaran. Lalu apa yang harus Anda lakukan selajutnya? Langkah selanjutnya Anda cukup pergi ke indomart / alfamart / alfamidi terdekat dan berikan arahan tersebut pada kasir ( bilang saja ingin melaksanakan pembayaran tokopedia ).


Oh iya, perlu diingat juga untuk metode pembayaran via indomart / alfamart / alfamidi ini akan dikenakan biaya admin sebesar 2.500. Jadi, jikalau total belaja Ada 110.000 sudah termasuk ongkir. Maka jikalau Anda memakai metode ini total pembarayarannya akan menjadi 112.500. Tapi, biasanya jikalau Anda sering belanja di tokopedia lalu sering memakai metode pembayaran ini akan mendpatkan hadiah dari pihak indomart / alfamart / alfamidi. Biasanya hadiah ini berupa masakan ( snaks ) atau minuman. 
  • Contok belanja di tokopedia memakai pembayaran transfer bank
Sama halnya dengan memakai metode pembayaran indomart, metode memakai pembayraan transfer bank juga terbilang sangat gampang Anda cukup klik saja bank apa yang akan Anda gunakan. Untuk Anda yang awam nanti akan diminta untuk memasukan nomer rekening, nama pemiliki dan kator KCP pembuatan. Kalau sudah pernah memakai metode ini maka akan secara otomatis muncul. 

Saya akan contohkan memakai metode pembayaran bank mandiri. Silahakan untuk Anda simak gambar dibawah ini.



 Setelah itu Anda tinggal klik bayar saja. Silahkan tunggu sampai halaman gres muncul.


Nah, sesudah itu nanti Anda akan disuguhkan pada halaman gres yang mana berisi nomer rekening tujuan pembayaran dan total harga yang harus di bayar. 



Setelah itu, silahkan Anda untuk klik Cek Status Pembayaran saja.

Ada bebera hal yang harus Anda perhatikan dalam tahapan ini, yaitu :
  • Pembayaran atas nama TOKOPEDIA bukan yang lain
  • Transfer sesuai dengan totalan harga yang sudah tertera. 3 digit terakhir pada harga tersebut merupakan arahan unik yang telah diberikan oleh tokopedia, dan apabila Anda salah di tiga nominal tersebut besar kemungkinan verifikasi pembayaran Anda akan terhambat.
  • Waktu konfirmasi pembayaran ini tidak alama maksimal hanya 1 hari saja. Jadi, jikalau lebih dari waktu yang telah ditentukan maka secara otomatis belaja yang sudah Anda lakukan di tokopedia akan batal alias hangus.
  • Dan yang terakhir jangan lupa konfirmasikan pembayaran yang telah Anda lakukan.

8. Konfirmasi Pembayaran Tokopedia

Konfirmasi pembayaran tokopedia merupakan langkah terakhir dikala berbelanja di tokopedia jikalau Anda memakai cara pembayaran transfer bank sedangkan jikalau via indomart / alfamart / alfamidi Anda tidak perlu mengkonfirmasi alasannya ialah sudah otomatis. 

Bagaimana cara konfirmasi pembayaran tokopedia?

Cara konfirmasi pembayaran tokopedia sendiri sangat gampang Anda tinggal pergi ke halaman pembelian yang ada pada samping halaman tokopedia ( swipe up aja kanan ), lalu klik status pembayaran. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan perhatikan gambar di bawah ini.


Kalau sudah silahkan klik titik tiga disamping invoice pembayaran. Nanti akan muncul pilihan ubah dan unggah bukti pembayaran. Silahkan Anda pilih unggah bukti pembayaran.


Atau sanggup juga memakai cara yang kedua yaitu Anda tinggal klik pada invoice pembayarannya langsung, nanti akan muncul halaman menyerupai pada gambar dibawah ini.


Setelah itu silahkan klik saja tombol Unggah Bukti Pembayaran yang ada pada bab bawah halaman pembayaran tersebut.

Ya, terlihat sangat sulit dan ribet. Tapi jikalau sudah di praktekan sungguh sangat mudah. Cara gampang belanja di tokopedia yang saya share di artikel kali ini sengaja saya buat lebih detail biar memudahkan Anda sekaligus juga memahami bagaimana bagaimana sih belanja yang kondusif di tokopedia. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup membantu Anda khususnya dalam hal belanja di tokopedia. Silahkan untuk di praktekan. Jangan lupa share dan komen pengalaman Anda pertama kali belanja online khusunya belanja di tokopedia. Apakah mengecewakan? atau memuaskan?

Terimakasih telah berkunjung.. Jangan bosan untuk berkunjung kembali :)

Salam sukses ^_^










Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar