Skip to main content

Pengertian Blog Dan Blogger Secara Umum | Ilmu Blogger Indonesia


Blog. Mungkin Anda pernah mendengar perihal blogging, kisah perihal seorang blogger yang mengungkap informasi perihal politisi, teknologi atau subjek kontoversi ( tranding ). Atau mungkin juga Anda pernah membaca  dan melihat sebuah film menurut blog. Lantas apa bahwasanya blog itu?


Di artikel kali ini mungkin akan sedikit berbeda dari artikel – artikel sebelumnya yang membahasa perihal marketplace, bagaimana jualan dan belanja di marketpalce, dan yang lainnya. Kali ini saya ingin menyebarkan kepada Anda perihal blog dan blogger, jenis – jenis blog yang umum dan mengeksplorasi alasan mengapa sih banyak orang yang ngeblog.  Apa alasan mereka?

Apa itu Blog?

Blog merupakan salah satu jenis situs web yang diperbaharui secara teratur dengan konten – konten baru. Sebagian besar blog berisi artikel singkat dan informasi yang disebut dengan posting blog. Postingan blog ini biasanya berisi kombinasi antara teks, foto, video dan media lainnya. Pada pada dasarnya blog ialah sebuah ruang di web yang sanggup Anda buat untuk merekam dan mengungkapkan oponi, pengalaman serta minat Anda.

Apabila Anda menghabiskan banyak waktu untuk browsing, mungkin Anda akan menemukan beberapa website yang sering update dan ibarat mirip majalah online. Misalnya saja website Detik.com, kompas, liputan6, dll. Mereka merupakan sebuah perusahaan yang telah mempunyai tim yang dibayar untuk mengupdate blog dengan postingan gres beberapa kali dalam sekali.
Namun, lebih banyak didominasi blog ditulis dan dikelola oleh satu orang. Akibatnya, rata – rata blog itu terbilang pribadi, mencerminkan minat dan kepibadian orang yang menulisnya.

Kaprikornus Penulis Blog

Orang yang menulis blog disebut blogger. Dari apa yang Anda dengar dari isu atau internet, Anda mungkin akan berfikir bahwa seorang blogger ialah tipe orang tertentu, cenderung politis, arif akan ilmu teknologi khususnya progremer. Atau mungkin Anda pernah mendengar perihal seorang blogger yang telah menulis pengalaman yang mnakjubkan, kemudian mengubah blog mereka menjadi sebuah buku terlaris. Sementara beberapa blogger yang sesuai dengan deskripsi ini, lebih banyak didominasi tidak melakukannya. Sebenarnya, tidak ada blog yang ditulis oleh orang – orang dari segala usia dan latar belakang dari semua lapisan masyarakat.

Silahkan perhatikan infografis dibawah ini untuk mempelajari blogger lebih lanjut.

Mengapa Ngeblog?

Seperti yang Anda lihat di infographic di halaman terakhir, kebanyakan blogger menganggap ngeblog sebagai hobi. Ngeblog sanggup menjadi hobi yang menyita waktu juga sebab banyak para blogger menghabiskan waktu beberapa jam dalam siap hari/minggunya untuk menulis artikel atau postingan blog, membalas komentar, dan masih banyak lagi yang lainnya. So, mengapa mereka melakukannya?

Tahun 2011 Tecnorati.com pernah melaksanakan survey terhadap 4.000 lebih para blogger perihal mengapa mereka ngeblog. Dan berikut ini beberapa jawaban dari para blogger tersebut :
  • Untuk menyebarkan pengalaman dan keahlian
  • Untuk menyebarkan perihal dilema yang dialami dan menawarkan sebuah solusi
  • Karena hobi
  • Untuk menjadi kepingan daripada komunitas
  • Untuk memajukan karir / profesi dibidang menulis
  • Dll

Dari survey tersebut kebanyakan blogger mempunyai setidaknya satu kesamaan yaitu sebab hobi dan suka menulis ( menyebarkan ilmu dan pengalamannya ).

Semua orang sanggup menciptakan blog sebab blog ini pada umumnya gratis. Dengan berguru menjadi seorang blogger Anda mempunyai ruang dan kebebasan yang tidak terbatas untuk mengungkapkan pendapat dan mendiskusikan hal – hal yang Anda minati dengan orang lain.

Bloging Untuk Uang

Alasan lain beberapa orang ngeblog ialah untuk mencari uang. Mereka mendapat uang dari blog dengan memasang iklan ( baik itu adsense atupun lainnya ), menjual produk ( jualan online ), atau mempublikasikan postingan blog dalam bentuk buku atau artikel tercetak.

Pasti Anda sering mendengar perihal blogger yang berhasil mengakibatkan blog sebagai penghasilan mereka, mengubah blog menjadi karir dan transaksi produk yang mereka jual. Meskipun baik untuk mencoba menghasilkan uang dari blogging. Tapi, Anda harus sadar bahwa kisah sukses jadi seorang blogger ini sangat jarang terjadi.

Mungkin Anda sering melihat iklan untuk layanan yang menjanjikan untuk membantu Anda menciptakan blog Anda menghasilkan dan menguntungkan dengan sedikit usaha. Namun, menghasilkan uang dengan cara ini tidak semudah kelihatannya. Banyak blogger menulis selama bertahun – tahun tanpa pernah menghasilkan satu sen pul dari blog yang selama ini mereka urus. Ingatlah hal ini ketika Anda akan memulai ngeblog.

Apa Yang Mereka Tulis Diblog?

Kebanyakan para blogger menciptakan blog perihal pengalaman langsung dan informasi  yang mereka tahu dan kuasai. Intinya topik yang mendekati hobi mereka, misal blogger hobi dengan bermain gamer ( gamer ) maka pastinya mereka akan cenderung menciptakan blog game dan menceritakan perihal game, tips dan trik, dan yang lainnya. Walaupun tidak sedikit juga yang menciptakan blog yang isinya adonan alias blog gado – gado.

Kesimpulan :

Blog merupakan salah satu media / situs yang disediakan oleh google untuk menyimpan dan mempublikasikan pengalaman, ilmu dan informasi yang Adan miliki dengan tujuan menawarkan informasi untuk orang lain. Sedangkan blogger merupan orang yang mengurus blognya sendiri, mulai dari posting blog, sumbite, dll.

Semoga bermanfaat.. J

Jangan lupa tinggalkan komentar Anda perihal artikel dan blog ini pada kolom komentar J

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar