Skip to main content

Sejarah Penomenal Blogger - Situs Blog Gratis No.1 Di Dunia



Blogger merupakan salah satu layanan publikasi blog yang dibentuk oleh perusahaan Pyra Labs yang kemudian di akusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blogger yang di host oleh Google ini berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger yang di pegang penuh Google ini memperbolehkan si penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain memlaliu FTP sampai 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, maka semua blog harus di simpan di server Google meskipun penggunanya sanggup memakai alamat situsnya dengan fitur custom URL.

SEJARAH BLOGGER

Pada tanggal 23 Agustus 1999 situs Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia. Blogger sendiri berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari Blogger yang diluncurkan Pyra Labs ini di akusisi oleh Google, menciptakan sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya di komersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada oktober 2004 Salah satu pendiri Pyre Labs Evan Williams mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004 Google membeli Picasa dan mengintegrasikannya dengan blogg
er sehingga pengguna picasa sanggup mempublikasikan koleksi foto miliknya pada situs blog.

Pada tanggal 9 mei 2004, blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya. menambahkan fitur menyerupai template yang memenuhi standar website, halaman arsip individual untuk masing - masing postingan dan komentar serta fitur posting melalui gmail.

Pada 14 Agustus 2006 Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta yang diberi nama instruksi " Invader " versi terbaru ini memigrasikan pengguna blogger ke server milik google dan menambahkan beberapa fitur baru.

Pada Desember 2006, versi gres ini keluar dari tahap beta.Mei 2007 Blogger tamat memigrasikan semua data penggunanya ke server google.

Desain Ulang Blogger

Sebagai bab dari desain ulang Blogger pada tahun 2006, semua blog yang ada di blogger dimigrasikan ke server google. Blogger mengklaim bahwa dengan migrasi tersebut, layanan mereka lebih stabil alasannya yakni kualita server yang dimiliki google lebih baik dari sebelumnya.

Seiring dengan migrasi layanan blogger server google ini, maka beberapa fitur barupun diperkenalkan, diantarantya mencakup :

  • Label
  • Antar muka
  • Penataan layout template dengan cara geser dan letakan ( Drag and Drop )
  • Izin pembacaan blog ( untuk menciptakan blog - blog pribadi )
  • Dan opsi web freed yang baru. 
Bukan hanya itu saja, sekarang setiap blog diperbaharui secara dinamis yang berbeda dengan sebelumnya dimana setiap postingan atau komentar gres diperlakukan dengan menulis ulang file HTML.

Pada September 2009, Google memperkenalkan fitur gres sebagai bab dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh. Fitur tersebut mencakup tampilan gres untuk menulis post, penyempurnaan penanganan gambar dan implementasi berbasis google Docs lainnya, Seperti :
  • Menambahkan lokasi penulisan di post.
  • Penanggalan goresan pena ditentukan pada dikala publikasi, bukan dikala pembuatan.
  • Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
  • Layanan penuh bagi Safari 3.
  • Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan asumsi lebar goresan pena dan ukuran font ketika goresan pena tersebut dipublikasikan.
  • Toolbar yang gres dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol Undo serta Redo.
Pada tahun 2010, Blogger memperkenalkan template gres dan melaksanakan desain ulang situsnya.
Pada tahun 2013, Blogger mengupdate fitur - fiturnya. Salah satunya yakni fitur komentar dan integrasi pada google+, ada beberapa fitur gres diantaranya :
  • Design Antar Muka yang diperbaharui pada tahun 2012
  • Integrasi eksklusif dengan google adsense, tahun 2012
  • Integrasi dengan google+ pada kotak komentar dan posting, tahun 2013
  • Fitur mobile template yang mana kita sanggup mendesign atau menentukan design yang telah disediakan sehingga pengguna sanggup melihat blog pada Handphone atau Gadget mereka dengan design yang tersesuaikan ( responsive ).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar