Skip to main content

OKRA, SAYURAN YANG SEDANG TERKENAL SEBAGAI OBAT DIABETES



Okra sedang naik daun. Banyak orang yang mencari sayuran berbentuk buah yang mirip jari lentik (okra disebut juga lady finger) ini untuk dkonsumsi. Banyak pula orang yang sengaja menanam sayuran yang mudah tumbuh di iklim tropis ini di halaman rumah.

Apa penyebab orang ramai-ramai mengkonsumsi okra? Ternyata berawal dari hasil sebuah penelitian yang menyebutkan okra dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Penelitian itu dilakukan tahun 2011 dan diterbitkan dalam ISRN farmasi. Disebutkan bahwa okra membantu mengurangi penyerapan glukosa, yang pada gilirannya mengurangi kadar gula darah. Para peneliti mencatat bahwa okra merupakan sumber makanan yang kaya serat dan telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan penyakit diabetes. Selain itu, Okra memiliki indeks glikemik rendah, hanay sekitar 20, sehingga pantas menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Meski demikian, para ahli kesehatan menganjurkan untuk menghindari konsumsi okra bersamaan dengan konsumsi metforin pada penderita diabetes. Karena hal tersebut justru akan menambah kadar gula darah pada si penderita.



BAGAIMANA MENGONSUMSI OKRA?

Sayuran okra yang ditanam petani mungkin telah mengalami semprotan insektisida atau pestisida. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi atau mengolah okra, sebaiknya buah  okra dicuci terlebih dahulu secara menyeluruh dengan menggunakan air biasa. Akan lebih baik kalau mencucinya di air yang mengalir seperti keran. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, tanah dan insektisida residual yang menempel pada buah. 

Potonglah pangkal  batang atas okra dengan menggunakan pisau, bagian sisanya bisa dikonsumsi semua. Potong atau irislah sesuai selera. Bisa dimasak sebagai sayuran atau direbus begitu saja dan dilalap.

Potongan buah okra juga bisa dibaluri tepung dan digoreng dengan minyak panas. Bisa juga dibersihkan lalu digoreng begitu saja.
Okra  juga enak dikombinasikan dengan sayuran lain atau dicampur  daging saat dimasak.

Di pulau Karibia, okra dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sup, maupun diolah bersama-sama dengan ikan
Di Mesir, Okra diolah bersama daging domba maupun daging sapi menjadi masakan yang nikmat.
Okra bisa juga  dipakai sebagai bahan pembuat acar, maupun diawetkan seperti sayuran yang lain
Daun okra juga bisa dimasak atau dimakan mentah seperti salad
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar