Skip to main content

TERNYATA GERAKAN JIN JIN DU LI TERINSPIRASI DARI AYAM JAGO


Tahukah kamu? Latihan Jin Jin Du Li ternyata terinspirasi dari gerakan hewan. Jin jin Du Li yang  cara bacanya “cin ci tu li” ini ternyata berarti ayam berwarna keemasan berdiri di atas satu kaki.

Memang pengobatan atau seni bela diri China banyak terinspirasi dari alam. Ternyata ayam jago yang suka mengangkat satu kaki ini tubuhnya lebih tegap dan sehat. Itu sebabnya para ahli kesehatan dan bela diiri China jaman dulu mengadaptasinya menjadi sebuah gerakan yang menyehatkan.

Untuk mereka yang pertama kali melakukan Jin Jin Du Li  biasanya hanya dapat bertahan selama 2-3 detik. Setelah itu  tubuh mereka bisa  mulai bergoyang-goyang kehilangan keseimbangan. Hal ini disebabkan oleh satu kaki terangkat, sehingga organ dalam tubuh menjadi tidak selaras dan keseimbangan tubuh  terganggu.

Melakukan latihan Jin Jin Du Li dengan rutin dapat membantu kita meningkatkan keseimbangan tubuh. Lama kelamaan kita bisa bertahan berdiri seimbang hingga 1 menit, atau bahkan lebih. Jika terasa sangat sulit pada mulanya, kamu dapat memulai latihan Jin Jin Du Lidengan mata sedikit terbuka.

Menurut ahli kesehatan dari Cina, penyakit timbul karena koordinasi kerja antar organ dalam tubuh mengalami gangguan. Akibatnya  tubuh kehilangan keseimbangannya. Latihan Jin Ji Du Lidapat memulihkan kondisi ini. Tubuh pun bisa seimbang kembali.




Seorang ahli kesehatan  China bernama Zhong Li Ba Ren, menyarankan untuk melakukan latihan “Jin Ji Du Li” paling tidak selama satu menit setiap hari. Jika melakukannya dengan rajin maka Jin Jin Du LI bermanfaat,untuk  menyembuhkan penyakit seperti:

• Tekanan darah tinggi
• Gula darah (diabetes)
• Sakit leher dan tulang belakang.
• Mencegah terjadinya “gout” (peradangan karena asam urat).
• Mencegah terjadinya dimensia (pikun) dan otak tetap sehat.
• Susah tidur
• Memperkuat kekebalan tubuh (membuat awet muda & panjang umur)

Zhong Li Ba Ren menyatakan banyak orang yang semula tak bisa bertahan berdiri satu kaki dengan mata tertutup selama 5 detik, namun kerena rajin berlatih setiap hari, akhirnya dapat berdiri seimbang lebih dari 2 menit.

Meski demikian, latihan ini tak disarankan untuk orang yang sudah sangat tua, di atas 70 tahun, atau orang yang bermasalah dengan kakinya, seperti tulang kaki lemah atau cacat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar