Skip to main content

Komponen Jaringan Komputer Dan Fungsinya




Tips dan Trik Komputer - Adanya jaringan komputer sebab adaya juga perangkat pendukung yang dipakai untuk menciptakan jaringan. Terutama nya yaitu:

  • Tang krimping berfungsi untuk menjepit kabel dengan konektor yang telah terpasang sehingga gampang lepas pada ketika instalasi. 
  • Penggunaan tang ini diubahsuaikan dengan jenis kabel dan konektor yang akan kita gunakan untuk membangun jaringan. Konektor dipakai sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan LAN Card yang ada di CPU komputer. Jenis konektor yang dipakai sesuai jenis kabel misal RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP / STP, konektor BNC / T berpasangan dengan kabel Coaxial sedangkan untuk jenis kabel fiber optic dipakai konektor ST.  Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya
  • NIC (network interface card) yakni sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan computer. 
  • Kabel berfungsi untuk menciptakan data bisa mengalir di jaringan 
  • Hub yakni komponen jaringan yang mempunyai colokan (port-port). Umumnya hub mempunyai jumlah port mulai dari 4, 8, 16, 24 hingga 32 plus 1 port (uplink) untuk menghubungkan ke server atau ke hub lain. Hub dipakai untuk menyatukan kabel - kabel network dari tiap - tiap stasiun kerja, server atau perangkat lain.  Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya
  • Bridge dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah walaupun memakai media penghubung dan model atau topologi berbeda. Kaprikornus seakan-akan dengan jembatan pada kehidupan sehari - hari kita. 
  • Switch bentuknya seakan-akan hub, bedanya switch lebih arif sebab bisa menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ke tujuan. Selain itu juga ia mempunyai kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.  Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya
  • Router mempunyai kemampuan untuk menyaring atau menyaring data yang kemudian lalang di jaringan menurut protokol tertentu. Seperti brigde, router juga sanggup dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan model LAN bahkan WAN. 
  • Modem dipakai sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melaksanakan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita insan ataupun sebaiknya.  Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya
  • Repeater berfungsi memperkuat sinyal semoga kemudian lintas data dari client ke server atau sebaliknya lebih cepat apabila jarak antara client atau workstation ke server lebih jauh. Dengan repeater ini jaringan dan sinyal akan semakin kuat.  

Sumber https://otakit33.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar