Skip to main content

Cara Mengatasi Komputer Yang Hang (Not Responding)



Tips dan Trik Komputer - Mungkin semua orang pernah mengalami ketika komputer sedang berjalan dengan normal, tapi ketika membuka file atau menjalankan kegiatan lainnya menyerupai game atau kegiatan design, tiba-tiba komputer kalian menjadi hang dan aplikasi menjadi stuck/freeze tidak sanggup diapa-apain. 

Kalian sanggup menekan tombol CTRL+ALT+DEL untuk membuka jendela Task Manager dan menentukan aplikasi yang Not Responding dan menutupnya secara paksa dengan menekan tombol End Task. Namun apabila komputer mengalami hang atau macet total, satu-satunya cara yang sanggup kalian lakukan yakni dengan mereset komputer secara paksa (hard reset dengan menekan tombol restart atau tombol power) dan menyalakan komputer kalian kembali.

Cara mengatasi komputer hang biasanya sebagian orang dengan merestart komputernya dan cara tersebut biasanya cukup ampuh untuk mengatasi komputer hang yang disebabkan oleh aplikasi yang stuck/freeze, akan tetapi apabila sehabis komputer dinyalakan dan beberapa ketika komputer dijalankan kemudian menjadi hang kembali, maka kemungkinan besar ada beberapa penyebabnya yakni menyerupai dibawah ini :

1.  Komputer Hang lantaran CPU kepanasan (overheating)
Sebagian komputer menjadi hang, lantaran sistem pendingin pada CPU tidak sanggup berputar dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang sanggup kalian lakukan :
1)   Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
2) Bersihkan sela-sela pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan muternya macet beri minyak pelumas sedikit pada cuilan poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
3) Bersihkan thermal paste yang sudah kering dan melekat pada processor ataupun heatsink, kemudian ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
4)   Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
5) Perhatikan posisi heatsink (logam pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
CPU Kotor Penuh Debu

2.  Komputer hang lantaran Power Supply kekurangan daya
Kemungkinan komputer hang selanjutnya dikarena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak mengakibatkan mati total, kekurangan daya pada power supply sanggup mengakibatkan kinerja komputer kalian melambat bahkan komputer kalian akan menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.
Psu Kekurangan Daya

3. Komputer hang lantaran persoalan pada harddisk 
Ada beberapa persoalan pada harddisk yang mengakibatkan komputer hang, diantaranya adalah:
1)   Kapasitas Harddisk Low Space.
Untuk mengatasinya kita jalankan dulu Disk CleanUp untuk membersihkan harddisk dari file-file temporary atau file sampah yang terdapat pada komputer kalian. Cara menjalankan Disk Cleanup: 
·      Klik Start

·      Lalu ketik Run pada kolom (search programs and files) dan klik Run

·      Ketik : Cleanmgr


2)   Data pada Harddiskterpragmentasi sehingga perlu di defrag.
Saya pernah mengalami insiden dimana sehabis Windows selesai booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen atau file dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dan keyboard diam, komputer menjadi hang (Not Responding). Kemudian saya coba mencopot harddisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan kegiatan checkdisk untuk menyelidiki keadaan harddisk dan memperbaiki keruksakan pada  harddisk tersebut. Setelah harddisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan taraaaaaa komputer kembali normal menyerupai semula.

Harddisk Bad Sector

4. Komputer hang lantaran VGA Card rusak
Beberapa komputer sanggup mengalami hang dikarenakan keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang customer saya mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah dicek ternyata heatsink pada VGA Card terasa panasnya tidak normal (Overheat), untuk itu saya pun kemudian mengganti VGA Card tersebut dan ternyata sehabis VGA Card saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.


Vga Card Kotor

5. Komputer hang lantaran persoalan Memori.
Memori (RAM) yang rusak/error atau kapasitas memori yang kecil sering juga menjadi faktor komputer menjadi hang. Coba kalian periksa kembali memori (RAM) yang terpasang dengan kapasitas memori yang terbaca oleh komputer, lantaran kalau kalian memasang beberapa keping memori tetapi yang terbaca hanya satu keping saja dan beberapa memori yang dipakai tetapi tidak identik (sama tipe dan kapasitasnya) bukannya malah mempercepat komputer tetapi malah memperlambat dan sanggup saja menciptakan hang komputer kalian. 
Memory RAM Kotor

6. Komputer hang lantaran koneksi LAN
Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, biasanya terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, kegiatan berjalan lambat dan kesannya komputer seperti menjadi hang (Not Responding). Untuk memastikan komputer kalian hang lantaran koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kalian, kemudian jalankan komputer menyerupai biasa. Apabila semua berjalan dengan normal sanggup dipastikan komputer hang lantaran koneksi jaringan.

Beberapa cara yang sanggup dilakukan adalah: 
·      Pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
·      Coba gunakan perintah ping pada “CMD” untuk menyelidiki koneksi jaringan
teladan perintah: ping -l 200 192.168.0.1
·      Lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya sanggup dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa ketika kemudian masukan kembali.
·      Cara lain yang sanggup dilakukan yakni dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub/switch yang menjadi rusak lantaran masalah-masalah tertentu).
·    Troubleshooting yang juga sanggup kalian lakukan yakni dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.
Jaringan LAN

7.  Komputer Hang Karena Terdapat Virus Pada Komputer
Aktifitas dari virus yang memakan banyak resource komputer sering mengakibatkan komputer melambat bahkan sanggup menjadi hang. Cara yang sangat ampuh untuk membersihkan komputer dari virus yakni dengan booting komputer dan pilih safe mode, kemudian scan komputer dengan antivirus scanner menyerupai malwarebytes, norman malware scanner, isu terkini micro system cleaner. 
Virus Komputer

8.  Komputer hang lantaran driver yang tidak cocok
Driver hardware yang tidak cocok dengan hardware yang terpasang tidak cocok dengan sistem operasi yang digunakan, sanggup mengakibatkan komputer hang atau bahkan komputer bluescreen. Untuk mengetahui driver yang harus diinstall kalian sanggup menggunakan menggunakan DriverPack Solution. 

Driver Tidak Cocok Dengan Tipe Motherboard

Mungkin cukup hingga disini dlu untuk pembahasan mengenai Cara Mengatasi Komputer Yang Hang (Not Responding). Jangan Lupa Tunggu Artikel Selanjutnya dang Baca-Baca Artikel yang sudah saya upload. Terima Kasih...

 

Sumber https://otakit33.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar