Skip to main content

Tips Puasa Ramadhan Lancar Bagi Penderita Maag Di Tahun 2019


Puasa Ramadhan - Puasa Ramadhan merupakan bentuk salah satu kewajiban bagi umat muslim di dunia, umat muslim dunia sangatlah menanti bulan Ramadhan sebab dibulan Ramadhan segala sesuatu amal perbuatan umat muslim akan dilipat gandakan. mengerjakan puasa hukumnya yaitu wajib bagi seluruh umat Islam. 

Bagi seseorang yang belum atau tidak memiliki penyakit maag, meskipun puasa berat untuk dikerjakan namun masih dapat ditahan, namun tidak ada salahnya mencoba tips berikut ini biar puasa ramadhan yang tinggal menghitung hari dapat dikerjakan full 1 bulan penuh. Puasa merupakan aktivitas menahan diri dari segala bentuk perbuatan yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar sampai terbenam matahari. secara harfiah puasa ramadhan yaitu menahan diri dari makan dan minum, namun bekerjsama inti dari berpuasa tidaklah hanya itu saja melainkan juga menahan hawa nafsu baik perkataan atau perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa: 

Berikut dibawah ini yaitu tips yang dapat dilakukan bagi anda yang memiliki penyakit maag supaya dapat berpuasa full.

  • Selalu makan sahur
makan sahur merupakan sunnah puasa, selain itu juga dengan makan sahur mejadikan badan supaya tidak lemas ketika berpuasa sehari penuh. Meskipun makan sahur tidak yummy tapi harus tetap dipaksakan meskipun hanya sedikit supaya lambung tetap terisi masakan ketika berpuasa. 
  • Akhirkan waktu sahur
Makan sahur yang paling baik atau yang paling sunnah yaitu menjaleng waktu sahur habis, selain itu, jikalau anda menderita penyakit maag dengan mengakhirkan waktu sahur juga membantu supaya memperpendek durasi waktu berpuasa dengan demikian lambung tidak terlalu usang dalam kondisi kosong. 
  • Makan sahur dengan masakan mengandung serat
Makan masakan yang berserat tinggi bertujuan supaya ketika siang hari tidak terlalu lapar, masakan yang berserat tinggi tidaklah harus masakan yang mahal. sebagai misalnya menyerupai buah pisang, kentang, gandum dan masih banyak yang lainnya. 
  • Jangan makan pedas
Menghindari masakan kuliner pedas sangatlah manis bagi penderita maag, hal tersebut dikarenakan penyakit maag salah satunya diakibatkan terlalu seringnya mengonsumsi masakan yang pedas. 
  • Hindari minum kopi
Kopi sangatlah tidak manis bagi penderita sakit Maag terlebih ketika sedang berpuasa. mengonsumsi kopi dapat mengundang asam lambung. jikalau asam lambung meningkat maka sangat mengganggu ibadah puasa ramadhan. 
  • Jangan tidur sehabis sahur
Tidur sehabis makan sahur atau sehabis sholat subuh memang sangat enak, namun alangkah baiknya bagi penderita maag hindari hal tersebut. gunakan waktu sehabis makan sahur untuk aktivitas yang positif supaya mengusir rasa ngantuk. salah satunya yaitu dengan cara berangkat sholat subuh berjamaah di masjid, tadarus al-quran atau juga dapat diisi dengan melaksanakan aktivitas lain. 
  • Hindari masakan mengandung gas
Sawi dan kol merupakan masakan sayuran yang mengandung kandungan gas tinggi. meskipun sayuran sangat baik untuk kesehatan namun jikalau anda menderita penyakit maag alangkah baiknya untuk menghindari masakan dengan kandungan gas tinggi ketika bulan ramadhan.
  • Hindari masakan berlemak
Makanan dengan lemak tinggi ternyata juga tidak baik loh buat anda yang memiliki penyakit maag. sebab ketika siang hari (berpuasa) tidak bpleh meminum obat ketika maag anda kambuh disiang hai, sebab hal tersebut akan membatalkan puasa.
  • Minumlah obat maag sehabis sahur
Selalu sedia obat maag sesuai resep dokter ketika bulan berkat bagi anda yang memiliki penyakit maag kronis. meminum obat ketika sahur secara rutin menjadi alteratif terbaik.
  • Hindari rokok
Merokok yaitu salah satu penyebab meningkatnya asam lambung, oleh kesudahannya sangat tidak disarankan atau bahkan anda harus menghindarinya selama bulan puasa.

Sumber https://www.serbandeso.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar