Skip to main content

Beberapa Hal Yang Dapat Menimbulkan Komputer Menjadi Lambat Atau Lemot



Tips dan Trik Komputer - Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Beberapa hal yang sanggup menjadikan komputer menjadi lambat atau lemot beserta cara untuk mengatasi komputer lambat tersebut. 

Biasanya untuk mengatasi komputer yang terasa terus melambat tersebut yakni dengan melaksanakan perawatan secara terjadwal dan melaksanakan beberapa langkah tune-up sederhana yang sanggup kalian lakukan. Bila memang diharapkan langkah install ulang windows atau upgrade komponen hardware sanggup jadi solusi sempurna supaya kinerja komputer tetap optimal.

Berikut Beberapa Hal Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya. 

1.    Komputer Lambat Karena Kekurangan Memory 
Masalah komputer lambat lantaran minimnya Memory (RAM) yang terpasang pada komputer kalian, merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang pada komputer kalian, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgradelah memory menjadi minimal 2 GB. Bagi yang ingin membeli komputer atau laptop gres saya sarankan untuk memakai Processor sekelas Intel Core i3, RAM minimal 4 GB dengan sistem operasi Windows 7 64 bit.

2. Komputer Lambat Karena Terlalu Banyaknya Program Yang Terinstall.
Secara langsung saya sering menemukan komputer terutama milik langsung / perorang yang diinstall majemuk aktivitas didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali oleh penggunanya sendiri.

Periksalah aktivitas apa saja yang terinstall dikomputer kalian dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan uninstall program-program yang tidak pernah digunakan. 

3. Komputer Lambat Karena Terlalu Banyak Startup Programs Dan Service Yang Berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no.2, semakin banyak aktivitas yang terinstall, maka semakin banyak pula aktivitas dan service yang akan dijalankan dikala windows startup.

Untuk menonaktifkan startup aktivitas dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility".
  •  Ketik: msconfig pada sajian run


  •  Lalu pada tab service lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan


  • Dan pada tab startup lakukan uncheck  juga terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.



4.    Komputer Lambat Karena Temporary File Yang Sudah Membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke empat yakni sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Lokasi file temporary ini yakni sebagai berikut.
  •     Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp 
  •     Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp


Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp.
  • Cara klik start-run  ketik: "cleanmgr" 



  • Lalu pilih drive yang akan di-cleanup. Kemudian klik “OK”


Selain itu Kalian juga sanggup mencoba software CCleaner untukmempercepat komputer dengan cara membersihkan file-file dan registry yang tidak diperlukan.
  • Untuk membersihkan file-file sampah/Junk, “Buka CCleaner.
  • Klik “Cleaner”, kemudian klik “Analyze”, sesudah itu tunggu sampai proses meng-analisa selesai kemudian klik “Run Cleaner




  • Untuk mengembalikan Registry yang missing, “Buka CCleaner
  • Klik “Registry”, kemudian klik “Scan for Issues”, sesudah itu tunggu sampai proses meng-analisa selesai kemudian klik “Fix Selected Issues...



5. Komputer Lambat Karena Terlalu Banyak Program Yang Berfungsi Sebagai "Security Program"
Security aktivitas menyerupai aktivitas antivirus dan firewall merupakan aplikasi pelengkap yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan contohnya dengan menginstall 2-3 aktivitas antivirus sekaligus.

Untuk duduk perkara security windows, yang terpenting yakni kalian harus lakukan update antivirus rutin, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer menyerupai contohnya Avast Antivirus / Smadav serta berhati-hatilah dikala memakai USB Flashdisk / Memory Card.

6.    Komputer Lambat Karena Masalah Pada Harddisk
Harddisk merupakan komponen kedua sesudah RAM yang sanggup menjadikan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
  1. harddisk low space
  2. harddisk yang terfragmentasi
  3. harddisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
  4. harddisk error / bad sector
   Cara mengatasi komputer lambat lantaran duduk perkara pada harddisk diatas adalah:
  1. upgrade kapasitas harddisk dengan menambah atau ganti harddisk
  2. lakukan defragmenter pada harddisk secara berkala
  3. hindarkan harddisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
  4. perbaiki kerusakan pada harddisk dengan tool checkdisk.
     Apabila kalian memiliki budget lebih, saya sarankan untuk mengganti 
    harddisk yang terpasang dengan SSD (Solid State Drive).

7.    Komputer Lambat Karena Adanya Virus, Malware Atau Spyware Pada Komputer.
Apabila komputer kalian sudah terlebih dahulu terjangkit virus atau malware, maka sebaiknya jalankan
Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah aktivitas Virus Cleaner menyerupai contohnya Adwcleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Komputer Lambat Karena System Files Ada Yang Corrupt Atau Bahkan Hilang.
Biasanya terjadi sesudah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling praktis yakni dengan merepair sistem operasi yang dipakai dan jikalau masih belum berhasil maka selanjutnya yakni instal ulang sistem operasi.

9.    Komputer Lambat Karena Masalah Hardware Overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum sanggup menjadikan menurunnya kinerja komputer yang pada alhasil komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada potongan dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus higienis dari abu dan sanggup berputar dengan lancar.

10.  Komputer Lambat Karena Adanya Masalah Konektifitas Pada Jaringan / Network.
Hal ini sanggup terjadi lantaran trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kalian. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan aktivitas Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kalian.




Sumber https://otakit33.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar