Skip to main content

Membuat Koneksi Website Ke Database Dengan Php

Membuat koneksi website ke database dengan PHP

Membuat suatu website yang dinamis merupakan tujuan dari setiap pembuatan web baik itu untuk website company profile, website penjualanan online, website blog, ataupun yang lainnya. Setiap website yang dinamis haruslah mempunyai susukan ke database untuk mengolah data yang ada didalam website tersebut.


Membuat koneksi website ke database dengan PHP Membuat koneksi website ke database dengan PHP

Apa kegunaan mengkoneksikan website kita ke database?

Fungsi dari mengkonesikan website kita kedatabase ialah untuk mengolah seluruh data yang ada di databse untuk memenuhi kebutuhan pengunjung website kita secara maksimal. Nah untuk menciptakan website yang maksimal ini kita harus mempunyai susukan ke database yang dimana database ini yakni kawasan seluruh data dari website tersebuh yang akan kita kelola. 

Membuat database

Sebelum kita mengkoneksikan website kita ke database terlebih dahulu kita harus menciptakan database untuk kawasan seluruh data yang akan di olah disimpan. Misalkan kita ingin menciptakan website berita, nah tabel data yang harus kita siapin yakni tabel berita,didalam tabel informasi terdapat field judul, tangal posting, user yang memosting, field konten, dan lain-lain. Nah yang terpenting yakni database harus sudah siap di olah, karna desain halaman merupakan kawasan untuk mengolah datanya.

Membuat file konektor.php

Setelah kita tamat menciptakan databse yang sesuai dengan tema website yang akan kita kelola, selanjutnya kita akan menciptakan file konektor.php. fungsi dari file ini yakni jembatan untuk mengkoneksikan website kita ke database. Isi arahan untuk mengkoneksikannya tidaklah panjang. Adapun code untuk mengkoneksikan nya dari php ke database yakni menyerupai berikut.

<?php
$host = "localhost"; // Nama Server
$user = "root"; // User Database
$pass = ""; // Password Database
$db = "projectku01"; // Nama Database

$con =  mysqli_connect($host, $user, $pass, $db);
?>

Penjelasan :
  • pada variabel host yakni untuk mendeklarasikan alamat dari database mysql
  • pada variabel user yakni untuk mendeklarasikan username untuk login ke mysql
  • pada variabel pass yakni untuk mendeklarasikan password untuk login ke mysql
  • pada variabel db yakni untuk mendeklarasikan nama database yang akan kita kelola
  • dan pada variabel con yakni untuk mendeklarasikan pengkoneksian website kita kedatabase.

Membuat file index.php

Setelah seluruhnya diatas sudah kita buat, selanjutnya kita masuk ke tahap pembuatan file index.php. Adapun fungsi dari file ini yakni untuk menampilakan data dari database yang telah kita koneksikan ke website kita. Tetapi pada tutorial ini kita hanya menggunakannya untuk menampilakan pemberitahuan apakan website kita sukses terkoneksi ke databse yang telah kita buat tadi atau belum. Adapun script untuk menampilkan nya yakni menyerupai berikut ini.

<?php
//check connetction
if (mysqli_connect_errno()) {
echo "<h1>Gagal konek gan</h1>";
mysqli_connect_error();
} else {
echo "<h1>konek ke databases sukses gan<h1>"; }
?>

Setelah semuanya kita buat salanjutnya kita simpan dan kita jalankan aktivitas tersebut memakai xampp. dan risikonya akan menampilkan menyerupai berikut.


Mungkin ini hingga disini dulu tutorial kali ini, kalau ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan dan kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah ini. Silahkan shere artikel ini semoga bermanfaat untuk yang lainnya. Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar