Skip to main content

Apa itu Broken Link Serta apa Dampaknya Pada Situs Kita ?


Hai Bray , Mungkin dari kalian ada yang Bertanya Apa itu Broken Link ? Bagimana cara menemukanya dan apa dampaknya pada situs kita , oke semua itu akan kita bahasa satu persatu, dan bagi kalian yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Broken Link.


Brooken Link berasal dari kata Broke yang artinya Rusak, Patah, Putus,dan Kata Link Artinya Tautan jadi Maksud dari Istilah Broken Link adalah "Tautan yang Terputus atau Mati" dan tautan tersebut tidak munuju pada sasaran atau tujuan seharusnya dan biasanya jika tautan tersebut dibuka atau di Klik maka biasanya akan keluar tampilan Error 404 Not Found  Atau halaman  tidak dapat ditemukan atau dituju.

Jika situs kita terdapat Broken link itu bisa dikatakan bahwa Situs kita tidak sehat, Seorang Blogger Pemula biasanya tidak memperhatikan hal ini yah itu hal yang wajar namun jika Broken link ini dibiarkan terus menerus tanpa ada perbaikan maka bisa saja Google memberi Pinalti pada Situs kita dan berikut adalah dampak kerugian apa saja yang bisa saja terjadi jika terdapat banyak Broken Link pada situs kita :

  • Pinalti dari Google, Broken Link bisa membuat Google memberi Pinalti dan membuat Pagerank  menurun  dan mengapa bisa demikian karena Google menganggap bahwa situs yang terlalu banyak broken link tersebut adalah situs yang Buruk, tidak sehat karena memberikan referensi yang tidak akurat , Banyak Broken Link pada situs kita berarti sama saja banyak Jalan Buntu.
  • Menurunkan Kualitas SEO, Dengan banyaknya Broken Link pada Situs kita Maka Bot Google akan kesulitan dalam mengindeks isi seluruh Konten kita dan Bot Google akan memberi sinyal Eror pada Google webmaster, dan menganggap Situs kita buruk dan tidak sesuai yang dianjurkan oleh Google.
  • Mengurangi Minat Pengunjung , Dengan Terdapatnya Broken Link pada situs kita tentu akan membuat para pengunjung kita Kecewa, dan mereka enggan mengunjungi situs kita kembali karena menganggap situs kita kurang memberikan solusi ataupun Informasi yang cukup.

Lantas Apa penyebab Terjadinya Broken Link pada Situs kita ?

Banyak Faktor penyebabnya diantara penyebabnya adalah :
  • URL yang dituju telah berubah / diganti , Jika memberikan Rujukan Link lantas kemudian Link yang dituju sudah tidak valid lagi maka itu dianggap Broken Link.
  • URL yang dituju telah dihapus .
Lalu bagaimana kita bisa menemukan Broken Link pada situs kita ? 

Sekarang sudah banyak sekali Tool atau Website yang bisa membantu kita untuk menemukan Broken Link pada situs kita Tanpa kita harus mengecek artikel kita satu persatu salah satu Website yang bisa membantu menemuka Broken Link adalah www.brokenlinkcheck.com  dengan cara sebagai berikut:
  • kemudian kita masukan alamat Situs/Blog kita 

  • Jika disitu tertulis Found 0 Broken Link maka bisa dikatakan Situs kita sehat dan tidak terdapat Broken Link.

Oke Itulah tadi Pembahasan mengenai Broken Link baik dampak kerugianya dan bagaimana cara menemukanya, Agar Situs/Blog Kita bersih dari Broken Link maka rajin-rajinlah kita untuk mengecek nya setiap saat agar semua dampak kerugian Broken Link dapat kita cegah, oke cukup sekian pembahasan kita kali ini semoga artikel ini bermanfaat bagi kita ..Amin  :)



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar