Skip to main content

Statement Percabangan If Else Pada C++

Forumkomputer | Statement Percabangan pada C++ - Halo sobat Forum Komputer, pada kali ini saya akan membagikan tutorial yaitu Statement Percabangan. Statement Percabangan pada C++ dipakai untuk mengambil suatu keputusan atau potongan kegiatan yang ingin dikerjakan sesuai dengan kondisi atau syarat yang diberikan. Percabangan merupakan pemilihan statemen yang akan dihukum dimana pilihan tersebut didasarkan atas kondisi tertentu untuk mengarahkan perjalanan suatu proses. Biasanya kegiatan akan dihukum baris perbaris setiap ketika secara berurutan. Eksekusi baris perbaris sangat baik,sebab tidak akan terdapat ketika vacuum pada program.

 pada kali ini saya akan membagikan tutorial yaitu  Statement Percabangan If Else pada C++

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita dihadapkan pada kondisi dimana kita harus menentukan suatu tindakan. Sebagai pola ketika anda ingin menonton film di bioskop.

Konsepnya ibarat ini:

Jika anda mempunyai tiket, maka anda boleh masuk untuk menonton film.
Nah, disana ada sebuah kondisi yang harus terpenuhi yaitu mempunyai tiket.

Artinya kalau anda tidak mempunyai tiket (kondisi = FALSE) maka anda tidak diperbolehkan untuk menonton film di bioskop. Kurang lebih itulah pola aktual konsep percabangan.

Intinya selama kondisi terpenuhi maka kegiatan akan dijalankan.

1. Contoh Program Menggunakan fungsi IF ELSE dengan Satu kondisi.
Struktur percabangan jenis ini ialah struktur percabangan yang paling sederhana karena  hanya mengandung satu kondisi yang akan diperiksa. Bentuk umum dari struktur percabangan yang mempunyai satu kondisi ialah sebagai berikut :

if (kondisi)    statement; 

Statement   pada   sintaks   di   atas   akan   dilakukan   jika   kondisinya   bernilai   TRUE (tidak sama dengan nol). Apabila statement yang akan dilakukan lebih dari satu, maka sintaksnya menjadi :

if (kondisi) {  statement1;  statement2; } 

Contoh :
Sebuah kegiatan untuk menentukan suatu bilangan bundar yang dimasukan user merupakan bilangan postif. Berikut output dari kegiatan tersebut :

Masukan sebuah bilangan bundar : 10
Nilai yang Anda masukan ialah bilangan postif

Kode Program :

#include <iostream> using namespace std; int main() {   int nilai;   // Memberikan gosip biar user memasukkan    // sebuah bilangan bundar   cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat: ";     // Membaca nilai yang dimasukkan dari keyboard   // dan disimpan ke variabel nilai   cin>>nilai;    // Menampilkan sebuah teks    // kalau nilai yang tersimpan    // lebih besar dari nol   if (nilai > 0)      cout<<"Nilai yang Anda masukkan "         <<"adalah bilangan positif";   return 0; } 

2. Contoh Struktur if else dua kondisi
Struktur percabangan jenis ini sedikit lebih kompleks bila dibandingkan dengan struktur percabangan yang  mengandung satu buah kondisi. Bentuk umum dari struktur percabangan yang mempunyai dua kondisi ialah sebagai berikut :

if (kondisi) { statement_jika_kondisi_terpenuhi; }else { statement_jika_kondisi_tidak_terpenuhi; } 

Studi Kasus Soal :
Sebuah kegiatan untuk menentukan apakah suatu bilangan bundar yang dimasukan user merupakan bilangan genap atau ganjil.

Kode Program C++ :

#include <iostream> using namespace std; int main() {   int bilangan;    cout<<"Masukkan bilangan bundar "       <<"yang akan diperiksa: ";    cin>>bilangan;    // Melakukan pengecekan bilangan apakah habis    // dibagi dua atau tidak   if (bilangan % 2 == 0) {     cout<<bilangan<<" ialah bilangan genap";   } else {     cout<<bilangan<<" ialah bilangan ganjil";   }   return 0; } 

3. Struktur if else Tiga Kondisi atau Lebih.
Struktur percabangan jenis ini merupakan ekspansi dari struktur percabangan yang  mengandung dua buah kondisi diatas, yaitu dengan menyisipkan (menambahkan) satu atau lebih kondisi kedalamnya. Bentuk umum dari struktur percabangan yang mempunyai lebih dari dua kondisi ialah sebagai berikut :

if (kondisi_1) { statement_jika_kondisi_1_terpenuhi; }else if (kondisi_2){ statement_jika_kondisi_2_terpenuhi; }else if (kondisi_3){ statement_jika_kondisi_3_terpenuhi; } ………… else { statement_jika_semua_kondisi_diatas_tidak_terpenuhi } 

Studi kasus soal :
Sebuah kegiatan untuk menentukan suatu bilangan bundar yang dimasukan user merupakan bilangan postif, negatif atau nol.

Contoh arahan kegiatan C++ menentukan bilangan bundar :

#include <iostream> using namespace std; int main() {   int bil;    cout<<"Masukkan sebuah bilangan bundar "       <<"yang akan diperiksa: ";    cin>>bil;    if (bil > 0) {     cout<<bil<<" ialah bilangan POSITIF";   } else if (bil < 0) {     cout<<bil<<" ialah bilangan NEGATIF";   } else {     cout<<"Anda memasukkan bilangan NOL";   }    return 0; } 

Nah itulah beberapa statement atau kondisi percabangan pada if else yang kita sanggup gunakan. Sebenarnya masih banyak lagi statement percabangan dari C++ , karna terlalu kebanyakan berguru itu tidak akan masuk ke otak hehehe. Jika kalian masih galau atau ada yang ingin dipertanyakan dengan arahan diatas silahkan beri komentar dibawah ini. Jangan lupa kunjungi terus Forum Komputer, karna nantinya akan update tiap hari artikel - artikel mengenai tutorial kegiatan maupun pola kegiatan sederhana C++. Terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar