Skip to main content

Contoh Cara Menciptakan Ajuan Perjuangan / Kewirausahaan Bag.2

Seperti yang anda lihat pada judul di atas yaitu referensi cara menciptakan proposal perjuangan / kewirausahaan bag.2 yang artinya artikel ini yakni lanjutan dari contoh proposal kewirausahaan cuilan pertama dan bagi anda yang belum sempat membaca contoh proposal usaha cuilan pertama silahkan anda lihat di referensi proposal dimana di cuilan pertama tersebut telah diulas hanya hingga pada BAB.2 (Aspek Produksi) dan kini kita lanjut ke BAB berikutnya yaitu aspek pemasaran, aspek modal dan epilog proposal

Contoh Proposal Kewirausahaan


Aspek Pemasaran

a. Lokasi Pasar

Lokasi pasar sendiri tebilang sangat strategis. Saya menentukan sebuah ruko yang berada di sebelah jalan raya dan alun-alun, sehingga hampir setiap ketika ramai orang, terutama pada ketika hari ahad dan liburan. Selain itu di alun-alun juga terdapat berbagai  event besar ibarat kampanye, dangdut, jalan sehat, dll. Tentunya hal ini memudahkan aku dalam pemasaran dan penjualan

b. Segmen Pasar

Kebanyakan pembeli yang tiba yakni anak muda, para wisatawan, dan orang dewasa. Sedangkan untuk belum dewasa sendiri kebanyakan membeli di warung dengan porsi yang lebih murah dan terjangkau. Apalagi pada ketika hari ahad dan event besar, banyak orang yang berkumpul dan berekreasi di alun-alun sehingga secaraa otomatis akan membeli oleh-oleh sebagai oleh-oleh untuk keluarga mereka

c. Kondisi Pasar

Sebenarnya perjuangan aku cukup banyak mempunyai pesaing. Pembuatan sale yang termasuk sederhana mengakibatkan banyak orang yang berlomba untuk memproduksi dan menjualnya. Tetapi, aku berusaha menggunakan beberapa taktik semoga produk aku tidak kalah dengan produsen lain. Berikut ini strateginya:
  • Memberi pelayanan yang baik dan ramah
  • Tidak mempalsukan produk
  • Harga berimbang
  • Diskon Harga untuk pembelian yang banyak
  • Variasi produk : sale aneka rasa
  • Promosi
  • Tidak mempalsukan nilai timbangan

d. Baruan Pemasaran

Harga

Berikut ini harga yang aku menetapkan untuk produk aku :

1. Kemasan plastik
  • Sale original harga RP.400,-
  • Sale original harga Rp.900,-
  • Sale 250 gram original harga Rp.6.000,-
  • Sale 500 gram original harga Rp.12.000,-
  • Sale aneka rasa harga Rp.1.800,-
  • Sale 250 gram aneka rasa rasa Rp.10.000,-
  • Sale 500 gram aneka rasa rasa Rp.20.000,-
2. Kemasan kardus
  • Sale 400 gram original harga Rp.10.000,-
  • Sale 400 gram aneka rasa rasa Rp.17.000,-
3. Kemasan Spesial
  • Sale 200 gram original harga Rp.5.500,-
  • Sale 400 gram original harga Rp.11.000,-
  • Sale 200 gram aneka rasa rasa Rp.9.000,-
  • Sale 400 gram aneka rasa rasa Rp.13.000,-

Distribusi

Dalam pendistribusian produk, aku mendistribusikan eksklusif produk aku kepada penjual. Contohnya aku mendistribusikan sale aku kepada penjual di kantin sekolah, warung kopi, warung sembako, toko kelontong, dll. Pendistribusian ini terutama berfokus pada sale original harga Rp.500,- , sale original harga Rp.1.000,- , sale aneka rasa harga Rp.2.000. Karena harganya yang murah dan terjangkau akan lebih banyak peminat di bandingkan sale yang mempunyai harga lebih mahal. Dalam pendistribusian, aku menggunakan sepeda motor yang telah aku beli

Promosi

Sebuah barang produksi tentunya akan di kenal luas jika ada promosi. Begitu juga dengan sale, di sini aku akan menggunakan banyak media promosi.Tujuannya untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas sehingga sanggup menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Berikut ini media media yang akan aku gunakan

1. Label

Tiap 1 bungkus sale akan di berikan label dalam bentuk gambar yang merupakan ciri khas dari produk sale yang aku buat

2. Door To Door

Metode promosi ini aku akan menunjukkan tetangga, teman, dan kenalan aku perihal produk saya. Dalam sistem promosi jenis ini, aku akan mengatakan potongan harga/ diskon kepada pembeli yang membeli sale aku dengan jumlah banyak


3. Media Internet

Kemajuan teknologi ketika ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk dijadikan media promosi. Dalam promosi jenis ini aku menggunakan beberapa sosial media ibarat facebook, twitter dan juga melalui website


e. Target Penjualan

 Seperti yang anda lihat pada judul di atas yaitu referensi cara menciptakan proposal perjuangan  Contoh Cara Membuat Proposal Usaha / Kewirausahaan bag.2

Banyaknya sale yang dibutuhkan

Sale original        : 150 kg : 7,5 = 20
                            Rp. 147.000 x 20 = Rp2.940.000,-
Sale aneka rasa    : 180 kg : 7,5 = 24
                            Rp. 182.000 x 24 = Rp. 4.368.000,-+
Total                    Rp. 7.308.000,-
Harga kotor :       Rp. 11.155.000,00 – Rp. 7.308.000,00 = Rp. 3.847.000,-

Biaya :

Tenaga kerja :      Rp.800.000,-
Promosi :             Rp.100.000,-
Distribusi :           Rp.50.000,-
Listrik :                Rp.30.000,-
Lain-lain :            Rp.20.000,- +
Total :                   Rp.1.000.000,-

Pendapatan higienis     :Rp. 3.847.000 – Rp.1.000.000 = Rp. 2.847.000,-

Keuangan dan Permodalan

a. Penggunaan Modal Usaha

Pengadaan Ruko         : Rp. 60.000.000,-
Pengadaan Alat            : Rp. 601.000,-
Pengadaan Bahan       : Rp. 9.826.000,-
Pengadaan Kemasan  : Rp. 87.000,-
Pengadaan Promosi    : Rp. 100.000,-
Pengadaan Tambahan : Rp. 12.865.000,-
Cadangan Modal           : Rp. 6.501.000,- +
Total                               : Rp. 90.000.000,-

b. Sumber Modal


Modal Sendiri            : Rp. 60.000.000,-
Modal Ibu                   : Rp. 30.000.000,-  +
Total                           : Rp. 90.000.000,-

c. Neraca 1/1-3



Usaha Sale Pisang
Neraca 1/1-3
 Seperti yang anda lihat pada judul di atas yaitu referensi cara menciptakan proposal perjuangan  Contoh Cara Membuat Proposal Usaha / Kewirausahaan bag.2


Penutup



Kesimpulan

Sejalan dengan aktivitas pemerintah dalam rangka membuatkan ekonomi nasional yang salah satunya yakni membangun kreatifitas perjuangan yang bersifat kemandirian maka melalui proposal ini kiranya sanggup menjadi pertimbangan bagi para pemilik modal untuk mendukung aktivitas perjuangan kemandirian yang sudah secara detail dijelaskan mengenai citra terkait jenis perjuangan dan prospek dari perjuangan pisang sale ini & Sebagai wirausahawan yang baik tentunya kami sadar bahwa mungkin ada beberapa aspek yang diluar jangkauan kami namun secara umum kami menilai perjuangan ini mempunyai prospek yang manis sebab mempunyai aspek pendukung yang komplit dan sanggup berjalan dalam jangka panjang dan sebagai salam epilog kami ucapkan terimakasih atas ketersediaan dan dukungannya


Itulah referensi proposal perjuangan atau referensi proposal kewirausahaan yang dalam hal ini perjuangan pisang sale menjadi referensi perjuangan yang di bahas dan untuk sebagai referensi pemanis dalam menciptakan proposal perjuangan sanggup juga anda baca di cara menciptakan proposal usaha
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar