Skip to main content

9 Komponen Komputer Beserta Fungsinya


Komponen Dasar Komputer - Tahukah anda bahwa komputer atau dalam bahasa inggris disebut dengan computer, merupakan terdiri dari 2 bab penting yaitu hardware dan software. Hadware ialah perangkat keras yang kasap mata atau kelihatan oleh mata menyerupai CPU, Monitor Keyboard dan mouse. sedangkan perangkat lunak atau software merupakan sebuah agenda yang bekerja memproses data sehingga menhasilkan data sesuai yang di inginginkan. 

Dari keterangan diatas, jadi semakin terang bukan? nah pada pembahasan berikut akan dibahas mengenai bab komputer (hardware) serta fungsinya. 

Berikut bagian-bagian Komputer dan fungsinya
  • Mainboard 
Mainboard juga dikenal dengan istilah matherboard berasal dari bahasa inggris yang berarti Board Induk (komponen utama). Mainboard berfugsi sebagai komponen utama dalam sebuah komputer, semua komponen lainnya akan menginduk ke matherboard. 
  • Hadrdisk
Hardisk merupakan media penyimpanan data yang berfungsi untuk menampung hasil pekerjaan dalam bentuk sebuah file. ada banyak type file yang sanggup disimpan dalam hardisk semuanya mempunyai abjad tersendiri sesuai dengan ekstensi penyimpanan dari masing-masing software, sanggup file .doc, .xml, JPG, MP4 dan masih banyak lainnya. semakin besar kapasitas gardisk yang dimiliki maka akan semakin besar juga Space yang dimiliki untuk menyimpan banyak sekali macam type file. hingga kini sudah banyak sekali hardisk yang mempunyai space besar mencapai 1 TB = 1.000 GB Bytes. adapun brand atau vendor yang memproduksi hardisk cukup tidak mengecewakan banyak diantaranya ialah seagate, WDC, Toshiba dan masih banyak lainnya. 
 
  • Prosesor

Prosesor merupakan merupakan komponen otak yang berfikir untuk mengolah data. jikalau prosesor semakin tinggi maka akan semakin cepat pula untuk memproses datanya. beberapa tingkatan prosesor juga majemuk yang dikelompokan sesuai dengan kecapatannya diantaanya yaitu Pentium 1, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Cuard Core, Core i3, Core i5, Core i7 dan untuk prosesor tercanggih kini ini yaitu prosesor Sandy Bridge genenari pertama dan kedua.  
  • Ram

Random Acces Memory (RAM) merupakan media penyimpanan sementara ketika melalukan prosesing data. semakin besar RAM yang digunakan maka akan semakin cepat pemrosesan datanya. apalagi dengan semakin majunya perkembangan teknologi dan semakin banyaknya software yang bekerja untuk editing dan design grafis tentu membutuhkan RAM yang besar.  
  • Power Supply
Sesuai dengan naanya, Power supply merupakan bab yang membagi arus listrik ke semua komponen komputer yang ada. Semakin besar jumlah watt yang dikeluarkan oleh sebuah power supply maka akan semakin bagus, terlebih utntuk jenis power supply tertentu yang tingkat keakuratannya mendekati Pure akan lebih baik. ada beberapa vendor yang memproduksi diantaranya thermaltake, venom dan masih banyak yang lainnya. semakin elok prosesor maka akan semakin menciptakan kinerja komponen lainnya dan akan tidak gampang rusak alasannya ialah mempunyai supplay listrik yang stabil.  
  • VGA Card

VGA Card biasa disebut dengan kartu grafis yang berfungsi untuk menampilkan kualitas gambar. semakin elok VGA Card maka gambar yang ditampilkan akan semakin lebih nyata. 
  • Sound Card
Sound card berfungsi untuk memproses data yang dikonversi kedalam sebuah bunyi. niscaya pernah mendengan orang yang sedang menyalakan computer atau laptop sekaligus sambil mendengarkan musik? Suara yang dihasilkan dari sebuah komputer merupakan hasil dari kerja Sound Card. 
  • Keyboad 
Keyboard termasuk dalam kategori bab input sebuah computer yang berfungsi sebagai media input atau memberi perintah ketika mengoprasikan komputer.  
  • Mause
Sebagaiana Keyboard, Mouse juga media input yang memberi perintah untuk menjalankan agenda tertentu dengan memakai klik.  

Sumber https://www.serbandeso.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar