Skip to main content

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer 

  
  



1.    Definisi Jaringan Komputer    

Tips dan Trik Komputer - Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang sanggup melayani semua tugas-tugas komputasi pada suatu organisasi sekarang telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berafiliasi dalam melakukan tugasnya, sistematis ibarat ini sering disebut juga dengan jaringan komputer (computer network).  

Dalam artikel Manfaat Jaringan Komputer ini kita akan memakai istilah jaringan komputer untuk mengartikan suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang autonomous. Dua buah komputer dikatakan sudah terinter-koneksi bila pada keduanya sanggup saling bertukar informasui. Betuk kontak tidak harus melalui kawat tembaga saja melainkan sanggup memakai serat optik, gelombang mikro, atau satelit komunikasi.  

Untuk sanggup memahami istilah jaringan komputer sering kali kita dibingungkan dengan sistem terdistribusi (distributed system). Kunci perbedaannya ialah pada sebuah sistem terdistribusi, dan keberadaan sejumlah komputer autonomous bersifat transparan bagi pemakainya. Seseorang sanggup memberi perintah untuk melakukan suatu program, dan aktivitas itupun akan berjalan dan tugasnya untuk menentukan prosesor, menemukan dan mengirimkan file ke suatu prosesor serta menyimpan akhirnya di kawasan yang sempurna merupakan sebuah kiprah dari sistem operasi. Dengan kata lain, pengguna sistem terditribusi tidak akan menyadari terdapatnya banyak prosesor (multiprosesor), alokasi kiprah ke prosesor-prosesor, alokasi file ke disk, pemindahan file yang dfisimpan dan yang diperlukan, serta fungsi-fungsi lain dari sitem harus bersifat otomatis.  

Pada suatu jaringan komputer, pengguna harus secara eksplisit log ke sebuah mesin, secara terperinci memberikan tugasnya dari jauh, secara eksplisity memindahkan file-file dan menangani sendiri secara umum seluruh administrasi jaringan. Manfaat Jaringan Komputer Pada sistem terdistribusi, tidak ada yang perlu dilakukan secara jelas, sermunya sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa sepengetahuan pemakai. 

Dengan demikian sebuah sistem terdistribusi ialah suatu sistem perangkat lunak yang dibentuk pada sebuah bab sebuah jaringan komputer. Perangkat lunaklah yang menentukan tingkat integrasi dan transparansi jaringan yang bersangkutan. Karena itulah Manfaat Jaringan Komputer perbedaan jaringan dengan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya pada sistem operasi), bukan pada perangkat kerasnya.  

  
2.    Manfaat Jaringan Komputer   

Sebelum membahas masalah-masalah teknis yang lebih mendalam lagi, perlu kiranya diperhatikan ada beberapa hal-hal yang menciptakan orang tertarik pada jaringan komputer dan untuk apa jaringan ini dipergunakan. Manfaat Jaringan Komputer untuk insan sanggup dikelompokkan pada jaringan yang dipergunakan untuk perusahaan, jaringan yang dipergunakan untuk umum, dan problem sosial jaringan.  


3.    Jaringan untuk perusahaan / organisasi   

Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan / organisasi, ada beberapa laba salah satu yang sanggup diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reliabilitas tinggi, lebih ekonomis, terukur, dan media komunikasi .  

Resource sharing bertujuan biar semua program, peralatan, khususnya pada data sanggup dipakai oleh setiap orang yang ada pada jaringan dan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. jadi source sharing ialah suatu perjuangan untuk menghilangkan hambatan jarak.   

Dengan memakai jaringan komputer akan menawarkan keandalan tinggi  yaitu adanya sumber-sumber alternatif pengganti jikalau terjadi problem pada salah satu perangkat dalam jaringan, artinya alasannya perangkat yang dipakai lebih dari satu dan jikalau salah satu perangkat mengalami problem atau kerusakan, maka perangkat yang lain sanggup menggantikannya.  

Komputer yang kecil mempunyai rasio harga / kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer besar. Pada Komputer mainframe mempunyai kecepatan kurang lebih sepuluh kali lipat kecepatan dari komputer pribadi, akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal. Manfaat Jaringan Komputer Dengan perbedaan rasio harga / kinerja yang cukup besar ini sanggup mengakibatkan perancang sistem menentukan membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer eksklusif dibanding memakai mainframe.  

Yang dimaksud dengan skalabilitasyaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara sedikit demi sedikit sesuai dengan beban kerja dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor. Pada komputer mainframe yang terpusat, jikalau sistem sudah jenuh, maka komputer harus diganti dengan komputer yang mempunyai kemampuan lebih besar. Hal ini membutuhkan biaya yang sangat besar dan sanggup mengakibatkan gangguan terhadap kontinyuitas pada kerja para pemakai.  

Sebuah jaringan komputer sanggup bertindak sebagai media komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Manfaat Jaringan Komputer Dengan memakai jaringan, dikala dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan tetapi akan lebih gampang bekerja sama dalam menyusun laporan. 


Sumber https://otakit33.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar