Tips Cara Menjadi Seorang Pelaut
Tentang tips-kali ini aku akan menjelaskan bagi agan-agan atau aganwati yang ingin menjadi seorang pelaut.
Mungkin sewaktu kecil ada yang bercita cita menjadi pelaut yang ingin menjelajahi lautan luas ini.
Mungkin ada juga cita cita nya menjadi Nahkoda kapal.jarang juga yang memiliki cita cita seorang Engineer di kapal.
Semua itu kembali kepada diri masing-masing.
Tapi perlu di ingat untuk menjadi seorang pelaut atau menjadi seorang perwira tidak semudah yang di bayangkan.harus melalui beberapa proses dan pengalaman.
Saya hanya membahas menjadi seorang pelaut lewat jalur umum bukan Taruna dari akademi.
Karena kalo lewat jalur perguruan di perlukan biaya yang sangat besar.ya ibarat itulah sekiranya.
Memang semua itu ada nilai plus minus nya.jika dari perguruan saat lulus akan menjadi seorang perwira langsung.kalo dari jalur umum harus memulai dari beberapa tahapan ibarat menjadi jabatan paling rendah yaitu:
-Wiper/classi
-Oiler/juru minyak
-juru mudi
-Bosun/mandor
Setelah itu jikalau memiliki pengalaman kurang lebih 2 tahun sekolah ambil ijasah Att-5 atau Ant-5 dan seterusnya hingga Ant atau Att tingkat 4,3,2,1.
Yang paling tinggi ijasah nya ialah tingkat 1,2,3.
Baiklah akta yang harus di punyai yaitu:
-Buku pelaut
-Bst
-Scrb
-Mfa
-Aff
-Sat
-Sdsd
-Paspor
Dan akta pendukung lainnya.
Sertifikat tersebut dapat di ambil melalui diklat di kampus:
Pip,Bp2ip,Pertamina-mtc.
Cukup sekian gosip dari aku supaya bermanfaat jikalau ada salah kata harap di maklumi....
Link artikel terkait
http://zipansion.com/PgxP
Mungkin sewaktu kecil ada yang bercita cita menjadi pelaut yang ingin menjelajahi lautan luas ini.
Mungkin ada juga cita cita nya menjadi Nahkoda kapal.jarang juga yang memiliki cita cita seorang Engineer di kapal.
Semua itu kembali kepada diri masing-masing.
Tapi perlu di ingat untuk menjadi seorang pelaut atau menjadi seorang perwira tidak semudah yang di bayangkan.harus melalui beberapa proses dan pengalaman.
Saya hanya membahas menjadi seorang pelaut lewat jalur umum bukan Taruna dari akademi.
Karena kalo lewat jalur perguruan di perlukan biaya yang sangat besar.ya ibarat itulah sekiranya.
Memang semua itu ada nilai plus minus nya.jika dari perguruan saat lulus akan menjadi seorang perwira langsung.kalo dari jalur umum harus memulai dari beberapa tahapan ibarat menjadi jabatan paling rendah yaitu:
-Wiper/classi
-Oiler/juru minyak
-juru mudi
-Bosun/mandor
Setelah itu jikalau memiliki pengalaman kurang lebih 2 tahun sekolah ambil ijasah Att-5 atau Ant-5 dan seterusnya hingga Ant atau Att tingkat 4,3,2,1.
Yang paling tinggi ijasah nya ialah tingkat 1,2,3.
From:erabaru.net
Baiklah akta yang harus di punyai yaitu:
-Buku pelaut
-Bst
-Scrb
-Mfa
-Aff
-Sat
-Sdsd
-Paspor
Dan akta pendukung lainnya.
Sertifikat tersebut dapat di ambil melalui diklat di kampus:
Pip,Bp2ip,Pertamina-mtc.
Cukup sekian gosip dari aku supaya bermanfaat jikalau ada salah kata harap di maklumi....
Link artikel terkait
http://zipansion.com/PgxP

