Skip to main content

5 Macam Brand Sepeda Onthel Zaman Kuno Yang Wajib Diketahui



Onthelis Mania - Yuk Mari kita bernostalgia membahas sepeda onthel kuno jaman dahulu. ternyata ada banyak sekali sepeda onthel pada jaman dahuhu dan ternyata kini sedang dicari oleh para penikmat onthel atau kolektor sepeda tua. ada brand apa saja yang sih sepeda onthel jaman dahulu kita simak bersama sepeda macam-macam sepeda onthel jaman dahulu. 

Sepeda Simplex 
Sepeda simplex ialah sepeda onthel keluaran negara inggris yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berjulukan Simplex automatic Machine Company yang didirikan oleh Charles Bingham. Pabrik tersebut didirikan pada tahun 1987 di Utrecht Stationdwarsstraat. 
1887 : Awal Berdirinya Perusahaan Simplex automatic Machine Company.
1890 : Simplex memulai produksi sepeda secara utuh (lengkap pribadi dapat dipakai)
1899 : Perubahan nama perusahaan dari Simplex automatic Machine Company menjadi NV Simplex. Pada tahun ini memproduksi sepeda, motor dan pabrik mesin lainnya.
1908 : Sepeda roda tiga dibentuk terutama untuk membawa orang sakit dan skaligus menjadi kendaraan jarak jauh.  
1939 : Sepeda alumunium pertama dikenalkan dengan berat 12 Kg.
1952 : Bekerja sama antara Simplex dan Locomotief  
1955 : Berhasil memproduksi sepeda sebanyak Satu Juta Unit Sepeda Onthel. 
1968 :  Perusahaan Simplex diambil alih oleh Gazelle

Sepeda Veeno
Sepeda veno dibentuk pertama kali oleh Pieter Van Der Rzn, awalnya sang pembuat sepeda ialah petugas reparasi sepeda yang tiba ke bedum, ia memulai usahanya di sebuah gudang di belakang rumahnya.  Sepeda Veeno awalnya bermerek Bedum namun sesudah menciptakan perusahaan pada tahun 1917 nama tersebut merepakan kependekan dari Van Der Van yang diberi ekstensi o hal tersebut alasannya ialah penggunaan nama bedum tidak lagi diizinkan. pada tahun 1920 perusahaan diubah menjadi sebuah PT publik  yang berjulukan Public Limited Company. 

Sepeda Gazelle     
Sepeda Gazelle ini berawal dari seorang yang berjulukan Willem Kolling agen sebuah kantor pos yang mengundurkan diri lalu memulai perjuangan dagang sepeda yang memesan sepeda ke inggris pada tahun 1892. pada tahun-tahun berikut lalu bekerja sama dengan seseorang yang berjulukan Arentzen. Pada Tahun 1902 pertama kalinya sepeda Merk Gazelle berhasil dijual dipasaran. 

Sepeda Hercules   
Sepeda hercules dibentuk sekitar tahun 1954-1958. Sepeda onthel ini bukanlah tergolong sepeda onthel glamor ibarat brand simplex namun tergolong terkenal di indonesia pada zaman dahulu mengingat perekonomian masyarakat pada zaman tersebut dapat dikatakan masih sangat sulit alasannya ialah banayaknya cobaan yang melanda indonesia.

Sepeda Batavus

Batavus ialah brand sekaligus nama sebuah perusahaan yang didirikan oleh Andries Gaastra, awalnya, ia memulai perjuangan dagangnya menjadi seorang pedagang jam tangan dan mesin jahit. pada tahun 1911 brand dagang ini masih menjual mesin jahit dan bagian-bagian sepeda secara terpisah sebagai misalnya yaitu lampu dengan materi bakar karbit. semenjak tahun 1924 brand sepeda Batavus pertama kali digunakan meskipun dengan banyak sekali macan situasi dan kondisi pada masa itu. setelahnya yaitu pada tahun 1928 Gerrit Gaastra memimpin pribadi produksi dan periode inilah ia membuatkan lebih luas dan iapun berhasil memproduksi sepeda dengan nama Phoenix dan setelahnya lalu ia memproduksi brand sepeda dengan nama batavus semua. 

Berikut ialah gambar-gambar sepeda onthel klasik yang dimiliki


Sepeda Onthel Kuno Merk Triump

Sepeda Onthel Kuno Merk Hercules

Berko Sepeda Onthel Kuno Merk Boss

Sepeda Onthel Kuno Super  Jadul


 Sepeda Onthel Klasik Merk Mister




    

Sumber https://www.serbandeso.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar