Skip to main content

Laptop Asus X44h Blank Kedip-Kedip Menyerupai Tv Rusak Setiap Kali Digunakan Buat Ngetik

Beberapa hari yang kemudian saya mendapat "pasien" laptop ASUS X44H. Dimana laptop ini tiap waktu digunakan buat mengetik, tiba-tiba tampilan layar LCD pribadi blank hitam. Kadang juga layar laptop blank warna kuning, hijau, biru, merah. Kadang juga layar LCD laptop Asus X44H kayak TV rusak, bergaris-garis warna-warni. Kadang juga banyak semutnya, menyerupai tv tidak ada antenanya.
Beberapa hari yang kemudian saya mendapat  Laptop Asus X44H Blank Kedip-Kedip Seperti TV Rusak Setiap Kali Dipakai Buat Ngetik

Sebelum dibawa ke daerah saya, pemilik laptop sudah mencoba melaksanakan hal-hal menyerupai ini untuk memperbaiki laptop Asus yang LCD tampil Gambar blank warna-warni kayak TV rusak itu, antara lain :

  1. Cek dengan monitor external punya PC. Hasilnya, tampilan layar monitor external juga sesuai dengan tampilan layar LCD ASUS. Ini berarti layar LCD laptop Asus tidak bermasalah.
  2. Mencoba memakai keyboard external. Hasilnya, sewaktu mengetik semua lancar dan tidak ditemukan masalah. Tampilan layar juga kondusif dan laptop sanggup digunakan dengan normal.
  3. Mengganti keyboard bawaan laptop Asus dengan yang baru. Setelah sanggup hasil dari percobaan kedua diatas. Sang pemilik bersasumsi bahwa, kerusakan laptop Asus tampilan layarnya kayak tv rusak dikala digunakan buat ngetik berarti lantaran keyboard bawaan rusak. Namun sehabis mengganti keyboard pun, hasilnya sama saja. Meski sudah ganti keyboard baru, dikala di pakai untuk ngetik, layar LCD tetap saja blank menyerupai tv rusak.
  4. Pernah juga mencoba dibawa ke daerah servise. Walaupun hanya sebatas tanya estimasi biaya servise. Dan analisa dari tukang servise yakni adanya kerusakan IC Power Dan perlu dilakukan penggantian. Ini menciptakan si pemilik laptop mengurungkan niatnya untuk mengganti IC Power lantaran persoalan biaya.
Hingga hasilnya beberapa hari kemarin sang pemilik laptop membawa ke daerah saya.

Langsung saja, sehabis saya lepas keyboard laptop Asus X44H ini.
Dan ternyata persoalan layar LCD laptop Asus X44H kedip kedip blank putih, kadang hitam, kadang warna-warni dikala digunakan untuk mengetik disebabkan oleh casing laptop dibawah keyboard yang konslet ke PCB Motherboard Asus X44H dikala keyboard ditekan atau digunakan.
Dimana casing laptop Asus X44H dibagian bawah keyboard terbuat dari materi metal. Entah itu terbuat dari plat besi atau  aluminium seng. Yang terang bukan materi plastik menyerupai kebanyakan laptop lainnya.

Lokasi penahan casing penyebab laptop Asus X44H sering mati sendiri, hang, blank, layar kedip kedip dan menyerupai mirip tv rusak berada di erat kabel soket keyboard.

Beberapa hari yang kemudian saya mendapat  Laptop Asus X44H Blank Kedip-Kedip Seperti TV Rusak Setiap Kali Dipakai Buat Ngetik
Laptop Asus X44H- Lokasi penyebab konslet 1

Pada plat metal casing laptop Asus X44H saya menemukan ada penggalan plat yang dibengkokkan sebagai dudukan atau penahan yang melekat pribadi ke penggalan PCB Motherboard tidak terdapat plastik isolator maupun isolator kain dan sejenisnya.
Sehingga sewaktu keyboard ditekan atau dikala digunakan buat ngetik, maka keyboard akan menekan casing metal penggalan bawah sehingga otomatis plat penahan akan menyentuh PCB Motherboard yang menjadikan konslet.
Beberapa hari yang kemudian saya mendapat  Laptop Asus X44H Blank Kedip-Kedip Seperti TV Rusak Setiap Kali Dipakai Buat Ngetik
Laptop Asus X44H - lokasi penyebab konslet 2

Inilah sumber penyebab persoalan layar laptop Asus X44H selalu blank dan tampil banyak semut kayak tv rusak.

Sebagai solusi yutabella.com sesuai motonya . Penyelesaiannya cukup mudah. Yaitu cukup menyelipkan plastik yang rada tebel dikit diantara penahan casing dan Motherboard Asus sebagai isolator. Kemudian tinggal direkatkan dengan lakban atau double tape jikalau ada.
Saya sendiri hanya memakai plastik dari gelas air mineral yang saya potong sesuai kebutuhan dan saya lakban pribadi ke plat casing laptop biar tidak bergerak atau lepas. Yang tentu saja sesuai dengan akad pemilik. Ini dilakukan supaya tidak perlu membongkar laptop Asus X44H dan tidak merusak segel garansi.

Analisa ngawur dari www.yutabella.com.
Saya tidak tahu apakah dari Asus sendiri sengaja tidak memasang plastik isolator pengaman pada penggalan casing metal yang kontak pribadi ke PCB Motherboard atau tidak. Atau gotong royong dari awalnya ada tapi berhubung laptop Asus X44H ini sudah usang digunakan sehingga plastik isolator pengaman sanggup terlepas sendiri.
Namun biasanya isolator pengaman selalu ada pada penggalan casing yang kontak pribadi ke PCB Motherboard. Terutama pada penggalan yang rentan konslet.

Nah semoga tips memperbaiki laptop Asus X44H blank hitam kadang kedip-kedip kayak tv rusak beserta analisa ngawur saya ini sanggup bermanfaat.
Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar