Skip to main content

Cara Mengatasi Berak Kapur Pada Puyuh

Kali ini saya akan membahas wacana cara
penangan puyuh yang terjangkit penyakit berak kapur atau pollurum.
Kalo puyuh sudah terkena berak kapur niscaya pemelik nya akan di buat pusing lantaran penyakit ini sanggup menular ke puyuh yang lain.
Penyakit berak kapur bukan hanya puyuh saja yang diserang, melainkan unggal lainnya menyerupai ayam, burung, kalkun, belibis dan lainnya.  Penyakit berak kapur ini disebabkab oleh basil samonella pullorum dan basil gram negatif yang sanggup bertahan hidup lebih dari 1  tahun di dalam tanah.

Secara umumnya, penyakit berak kapur merupakan penyakit yang sangat banyak ditemui, mesikipun menyerang pada banyak sekali umur.


Penularan berak kapur pada ayam
Penularan berak kapur pada umumnya, melalui dua cara adalah :
  • Menularkan dari induknya melalui anaknya, contohnya telur.
  • Menularkan melalui kontak langsung, contohnya peralatan, kandang, litter dan pakaian dari pegawai sangkar yang sudah terkontaminasi.
Gejala klinis penyakit berak kapur pada unggas
  • Feses atau kotoran akan berwarna putih, seperi kapur pada umumnya.
  • Feses akan melekat di kepingan dubur yang akan berwarna keputihan.
  • Kloaka akan terkena kotoran sampai kering dan lengket.
  • Jengger akan berwarna keungguan
  • Mata akan tertutup dan nafsu makan akan berkurang atau menurun.
  • Kondisi ayam akan lemah dan mempunyai gerakan lambat.
  • Kedua sayap akan mengantung dan terlihat kusam.

Pencegahan berak kapur ayam
Pencegahan untuk mengantisipasi penyakit berak kapur menyerang pada ayam sanggup dilakukan dengan cara membersihkan kandang, peralatan, membersihkan sisa makanan dalam kandang, melaksanakan sanitasi kandang, dalam pencucian sebaiknya memakai antiseptic untuk membantu mengurangi basil atau jamur yang melekat dalam kandang. Selain itu, melaksanakan pinjaman pakan yang bergizi, dan melaksanakan penyuntikan antibiotik dengan baik untuk meningkatkan kekebalan badan ayam dari serangan banyak sekali macam penyakit.
Pengobatan penyakit berak kapur ayam
Pengobatan sanggup mampu dilakukan dengan menyuntikan antibiotik, misalnya
-Trimizyn
-Neo meditril
-medoxy LA
-Dll

Jika puyuh sudah kritis, sebaiknya lakukan pemusnahan untuk memutuskan siklus basil yang menyebabkan berak kapur kembali. Pemusnahan sebaiknya, dilakukan penimbunan yang jauh dari sangkar maupun puyuh lainnya untuk menghindari kontaminasi basil yang ada di dalam puyuh yang terkena penyakit tersebut.

Artikel terkait
http://zipansion.com/PiDb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar