Skip to main content

Rahasia Mahir Jualan Di Tokopedia Tembus Omset 10 Juta Pertama

LOOEKITA - Saya udah daftar jadi seller tokopedia, produk yang saya upload di tokopediapun udah tidak mengecewakan banyak juga. Tapi, kenapa ya produk saya gak laku - laku? Gak ada yang beli? Apakah ada yang salah dengan jualan saya?

Ya, pertanyaan demikian memang sering kali dilontarkan oleh sebagian orang yang berjualan di tokopedia khususnya untuk yang gres daftar dan buka toko di tokopedia. Dulupun saya mengalami hal yang serupa yang Anda alami ketika ini, udah upload banyak produk, promosi tiap 1 jam sekali, bahkan ditambah dengan memakai fitur gold merchant tapi penjualan hanya dapet satu atau dua saja bahkan yang paling parahnya lagi gak dapet penjualan satupun. Sayapun sering bertanya mengapa hal itu sanggup terjadi? Apakah ada yang salah dengan produk yang saya jual? Tapi, kayaknya gak mungkin deh jikalau salah diproduk, masalahnya orang lainpun jual produk yang sama tapi penjualnnya laku manis? Lantas Apa yang salah dengan jualan saya?


Setelah beberapa kali riset dan ngepoin penjual - penjual besar di tokopedia, pada hasilnya semua pertanyaan itu terjawab sudah. Alhasil jualan di tokopediapun tembus omset 10 juta selama sebulan. Bagi saya itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa jikalau disandingkan dengan bulan - bulan sebelumnya yang hanya dapet omset 500.000 selama sebulan. Lantas bagaimana caranya biar penjualan kita banyak?

Baik. Saya akan share semuanya kepada Anda, bagaimana saya sanggup depet omset 10 juta dari 500 ribu. Tapi, sebelum itu pastikan terlebih dahulu Anda memahami beberapa hal di bawah ini.

Apa yang menciptakan Anda berjualan di tokopedia?

Ini ihwal keseriusan Anda berjualan. Apakah hanya sekedar ikut - ikutan teman atau benar - benar berjiwa seorang penjual. Dan saya harap Anda bukan hanya sekedar ikut - ikutan saja tapi, harus mempunyai jiwa keseriusan pula. Kalau Anda serius, maka Anda akan selalu berpikir bagaimana caranya meningkatkan penjualan biar omset perbulannya semakin naik. Dan saya yakin Anda yang membaca artikel ini yaitu orang yang serius dan menginginan omset penjualannya naik. Betul begitu?

Kalau ditanya kenapa jualan di tokopedia? Saya yakin kebanyakan akan menjawab alasannya yaitu gampang dan peluang menghasilkan rupiahnya sangat tinggi. Mengapa demikian? Ya, alasannya yaitu kita tahu bahu-membahu tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang pengunjung hariannya semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan sering terjadinya kepenuhan pengunjung serta semakin beratnya aplikasi tokopedia.

Apa niat Anda jualan di tokopedia?

Apakah hanya sekedar jualan saja? atau jualan sekaligus bermanfaat untuk orang lain. Saya berharap semoga niat Anda yaitu berjualan sekaligus bermanfaat untuk orang banyak. Kalau niat Anda disertai dengan manfaat untuk orang lain, maka secara otomatis Anda akan selalu berpikir " saya harus jual produk terbaik, dengan kualitas terbaik dan harga yang terbaik yang mereka sukai ". Maka tidak akan ada juga yang namanya menghalalkan segala cara biar penjualan laku dan omset tinggi. Produk buruk dibilang bagus, produk kw dibilang original/asli.

Sejauh mana kejujuran Anda berjualan di tokopedia?

Saat jualan memang diharapkan sebuah kejujuran, terlebih berjualan via online ( online shop ). Karena dengan kejujuran itulah pembeli akan merasa nyaman dan yakin dengan produk yang Anda jual. Jangan hingga Anda membohongi mereka. Kulitas buruk dibilang bagus, produk kw dibilang original. Tapi, kan gak mungkin kita bilang ini produk kw ? Pasti orang cenderung tidak akan membelinya bukan? Ya, lantas kenapa Anda tidak menjual produk yang original malah menentukan produk kw? Apa alasannya yaitu harganya lebih murah? Apa alasannya yaitu modal yang Anda dapatkan lebih murah? Memang pembeli selalu cenderung melihat harga " Murah " Tapi, perlu Anda ingat, logikanya jikalau mereka tahu produk yang Anda jual itu kw atau kuliatasnya kurang baik, maka besar kemungkinan mereka akan murka alias komplain dengan produk yang Anda jual, lebih buruknya lagi mereka melaporkannya pada pihak tokopedia bahkan polisi sebagai tindakan penipuan. Saya bukan menakut - nakuti Anda, tapi saya mengingatkan jangan hingga hal itu terjadi pada Anda alasannya yaitu ini akan merugikan toko Anda bahkan diri Anda sendiri.

Seberapa besar kesabaran Anda jualan di tokopedia?

Jualan sangat memerlukan kesabaran, baik itu ketika menunggu orderan ataupun sedang melayani customer via chat/diskusi. Kebanyakan orang yang gagal jualan di tokopedia yaitu alasannya yaitu mereka kurang sabar nunggu orderan. Mereka ingin cepat banyak tapi gak tahu polanya ibarat apa. Mending perlahan tapi niscaya atau cepat tapi ujung - ujungnya masuk jurang?

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika berjualan di tokopedia. Sebenarnya masih banyak poin - poin lainnya yang ingin saya share, tapi saya yakin Anda sudah tidak sabar untuk mengetahu bagaimana cara jualan di tokopedia tembus omset 10 pertama. Buakan begitu?

Berikut ini beberapa cara yang telah saya lakukan untuk menembus omset 10 juta pertama dari julan di tokopedia. Silahkan untuk disimak baik - baik.

Cara Jago Jualan Di Tokopedia Omset 10 Juta Pertama


1. Pastikan gambar produk yang diupload menarik dan berbeda dengan orang lain

Gambar produk usahakan berbeda dengan seller tokopedia yang lain jikalau seandainya Anda menjual produk yang sama. Usahakan ada keunikan tersendiri " Ini loh produk gua ". Jadi, pas orang lihat merasa penasaran. Tapi, tetap tampilkan sebuah gambar yang real picture. Dan usahakan juga semua gambar produk Anda background atau motifnya sama biar terlihat profesional ( benar - benar bahwa Anda seorang seller sejati ). Silahkan perhatikan pola gambar dibawah ini.
2. Riset dulu sebelum ngasih judul, jangan asal - asalan

Judul produk tentunya sangatlah penting alasannya yaitu keyword tokopedia biasanya ditentukan dari judul produk Anda. Kalau judul produk Anda sempurna maka besar kemungkinan produk Anda akan berjejer di halaman utama tokopedia. Selain riset, dalam menentukan judul yang sempurna Anda juga harus sanggup membaca pikiran orang lain ( calon customer ) atau diumpamakan Anda yaitu seorang cutomer yang akan mencari sebuah produk ( pola produk Anda ), maka apa yang akan Anda ketikan di mesin pencarian. Misal : Anda ingin beli Kaos, keyword yang ada gunakan kaos kren, kaos laki-laki kren, kaos perempuan kren, dll. Nah, dari keyword - keyword itulah Anda kombinasikan judul yang akan Anda gunakan untuk produk Anda. Tapi, sebelum itu perhatikan juga judul - judul produk orang lain dengan search menurut penjualan, harga termurah, harga termahal, dll.


3. Berikan gosip sedetail mungkin pada deskripsi produk

Informasikan ihwal produk yang akan Anda jual sedetail mungkin pada deskripsi produk biar ketika calon customer Anda tidak perlu nanya - nanya lagi. buat usang closing aja. :-D


4. Pastikan harga produk stabil

Kebanyakan orang menyukai harga yang relatif murah. Nah, Anda sanggup memanfaatkan hal ini, tapi dengan syarat bahwa harga modal Anda lebih murah lagi. Kalau seandainya tidak bisa, jangan memaksakan diri untuk jual produk murah di tokopedia. Penjual tetaplah harus mengutamakan keuntungan, jikalau seandainya dengan harga murah jualan sanggup lebih banyak tapi laba gak ada bahkan malah merugi, ya.. buat apa jualan.


Contoh : Pencarian Cc Cream Ertos Rata - rata harga 78 - 80

Memang jualan di tokopedia salah satu masalahnya yaitu di harga, kita tidak sanggup terlalu bersaing di harga alasannya yaitu para penjual besar menjual produknya dengan sangat murah. Makannya tidak heran ada yang bilang tokopedia itu tidak cocok buat jualan tapi lebih cocok buat nyari supplier atau distributor. Tapi, Anda tidak perlu pesimis. Kita masih sanggup bersaing sama mereka kok, asal kita yakin saja bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Lalu apa solusinya biar kita sanggup bersaing di harga dengan toko - toko besar di tokopedia?

Cukup Anda jual produk dengan harga yang stabil ( ambil rata - ratanya ). Kebanyakan para penjual mengambil harga berapa. Misal jikalau modal produk Anda 50.000 dan kompetitor Anda menjual 55.900, maka Anda ambil di harga 53.500 atau 54.000. Jadi, lebih murah tapi tetap masih ada untung walaupun gak seberapa hanya 3.000 atau 4.000. Kalau penjualan Anda 10 orang per harinya kan tidak mengecewakan juga apalagi sanggup lebih dari 10.

5. Guanakan fitur promosi perjam tokopedia

Dengan adanya fitur promosi persatu jam ini sebnenarnya sangat membantu banget alasannya yaitu lambat laun produk Anda pun akan ada dihalaman utama. Maka, gunakanlah selalu fitur ini jangan hingga perjamnaya terlewatkan untuk mempromosikan produk Anda.


6. Gunakan fitur TopAds Tokopedia

Terkadang ada orang yang berpikir promosi per satu jam ini terlalu usang apalagi yang dipromosikan hanya sanggup satu produk aja perjamnya dan orang lainpun sanggup jadi melaksanakan hal yang sama juga. Nah, untuk Anda yang ingin promosikan lebih dari satu produk, Anda sanggup memakai fitur topads dari tokopedia ini. Hanya saja ini tidak pratis alias harus bayar.Untuk cara promosi topads sendiri sanggup Anda baca di Cara Praktis Promosi Di Tokopedia Menggunakan Topads.



7. Gunakan Gold Merchant Tokopedia

Dengan gold merchant tokopedia ini akan membantu Anda menganalisa produk terlaris serta yang lainnya dengan mudah. Fitur ini tidak gratis melainkan berbayar. Saya tidak akan telalu membahas ihwal gold merchant di artikel ini, nanti Anda sanggup membacanya pada artikel - artikel saya berikutnya. So, stay terus.


8. Terus uptade harga, stok dan upload produknya sebayak mungkin

Tentunya tidak semua orang mempunyai impian yang sama untuk membeli produk yang sama alasannya yaitu kebutuhannyapun berbeda. Maka, dari itu uploadlah produk yang Anda jual sebanyak mungkin biar calon cutomer akan memandang bahwa toko Anda yaitu toko yang besar dan sekaligus meraka mempunyai banyak pilihan. Bisa jadi mereka ambil beberapa produk alasannya yaitu semua yang mereka cari ada pada toko Anda.

Pastikan juga Anda selalu update stok. Jangan hingga kejadian customer sudah order produk tidak ada alasannya yaitu stoknya habis, hingga pada hasilnya terjadi keterlambatan pengiriman alasannya yaitu menunggu stok ready. Nah, hal ini terkadang menciptakan customer merasa kecewa dan tidak ingin beli produk kita lagi. Jadi, selalu update stok produk Anda, kirim paket secepat mungkin dan berikan customer kepuasan biar mereka order lagi dikemudian hari.

9. Catat semua cutomer di tokopedia

Mungkin ini yang terakhir. Mengumpulkan data cutomer ini bertujuan untuk biar nantinya sicustomer sanggup repeat order di toko Anda. Kumpulkan kontaknya di handphone Anda dengan menyertakan juga di nama - namanya produk yang mereka minati. Untuk data - data lainnya Anda catat di buku atau microsoft exel.

Kebayang gak Anda mempunyai customer gres perharinya dan cutomer usang ( data base ). Kalau di perkirakan semuanya order. Maka konversi yang Anda dapatkan juga akan lebih banyak dan omsetpun pastinya akan naik juga.

Nah, itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk menembus omset 10 juta pertama jualan di tokopedia. Semoga bermanfaat dan silahkan untuk dipraktekan.

Salam Sukses :)







Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar