Skip to main content

Bersyukur Allah Masih Memberi Kesempatan Bertaubat


Sahabat, sadar atau tidak, kita pernah atau bahkan sering melaksanakan kesalahan dan dosa. Tidak seorangpun yang luput dari noda dosa, baik sengaja maupun tidak.

Hanya Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wassalam yang ma’shum (suci), alasannya yaitu ia dijaga Allah Subhanahu Wa Ta'ala dari dosa dan maksiat. Dosa-dosa ia telah diampuni oleh Allah, baik yang terdahulu maupun akan datang. Beliau yaitu sosok insan yang paling bertakwa dan menerima jaminan masuk surga. Walaupun demikian, Rasulullah tetap beristighfar dan bertaubat kepada Allah setiap harinya seratus kali, sebagaimana sabdanya: “Demi Allah, bergotong-royong aku beristighfar dan bertaubat kepada Allah Subhanahu wa-ta’ala (سبحانه و تعالى‎) dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain, ia bersabda: “Wahai manusia, bertaubatlah pada Allah Swt dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Nya dalam sehari seratus kali.” (HR. Muslim).

Pertama, kedua hadits tersebut merupakan dalil atas wajibnya bertaubat, alasannya yaitu Nabi saw memerintahkannya.

Kedua, hadits ini menjadi dalil bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam yaitu orang yang paling berpengaruh ibadahnya kepada Allah Subhanahu wa-ta’ala dan paling bertakwa.

Ketiga, hadits ini mengatakan bahwa Rasul yaitu guru kebaikan dengan mulut dan perbuatannya. Namun demikian, ia senantiasa memohon ampun kepada Allah dan menyuruh insan biar membaca istighfar, sampai mereka meneladani ia dalam menjalankan perintah dan mengikuti sunnahnya.

yuk segera bertaubat, Jangan menunda taubat dan amal. Karena kitapun tidak tahu kapan janjkematian menjemput kita, dimana pada dikala itu pintu taubat telah ditutup. Maka gunakanlah pintu taubat selagi masih ada kesempatan, selama masih terbuka lebar bagi hamba-Nya yang ingin kembali kepada-Nya.

Sumber http://www.rumahyatimindonesia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar