Skip to main content

Cara Melaksanakan Komplain Orderan Di Sentra Resolusi Tokopedia

Pusat Resolusi merupakan sarana bagi penjual dan pembeli Tokopedia untuk menuntaskan hambatan transaksi, ibarat pesanan belum sampai, pesanan rusak/kurang/tidak sesuai, hingga hambatan mengenai ongkos kirim. Pusat Resolusi sanggup membantu duduk masalah terselesaikan dengan lebih cepat, alasannya ialah penjual dan pembeli sanggup berdiskusi eksklusif untuk menemukan solusi bersama.



Cara Komplain di Pusat Resolusi


  1. Sebagai pembeli, Anda sanggup menjelaskan hambatan transaksi yang terjadi dan solusi apa yang diinginkan.
  2. Saat mengajukan komplain, Anda wajib melampirkan bukti pendukung, ibarat kemasan produk, foto produk dari banyak sekali sisi, nota pemesanan, dan resi penerimaan.
  3. Penjual nantinya akan menanggapi keluhan, mengatakan penjelasan, serta mendapatkan solusi atau mengatakan solusi baru.
  4. Setelah Anda dan penjual menyetujui dan melaksanakan solusi yang sudah disepakati, komplain akan dianggap selesai. Jika Anda dan penjual tidak kunjung menemukan solusi bersama, Anda sanggup meminta proteksi ke Customer Care Tokopedia.

Catatan: Pembeli tidak sanggup lagi mengajukan komplain terhadap pesanan yang sama sehabis 3 hari semenjak status komplain telah simpulan atau dibatalkan (finishedatau canceled).

Cara Minta Bantuan ke Customer Care Tokopedia

Saat Penjual atau pembeli tidak merespon komplain atau belum menemukan solusi yang sempurna sehabis 3 hari komplain dibentuk atau Solusi sudah ditentukan (Penjual/Pembeli sudah klik Terima Solusi) tapi penjual/pembeli tidak menjalankan solusi yang sudah ditentukan atau Setelah solusi dijalankan, pembeli/penjual tidak juga klik Selesaikan Komplain kau sanggup meminta proteksi customer car tokopedia untuk menuntaskan duduk masalah tersebut.


  • Klik Menu Notifikasi , kemudian pilih Pusat Resolusi
  • Pilih komplain yang bermasalah
  • Klik Minta Bantuan yang ada di halaman Pusat Resolusi
  • Akan muncul pop up Konfirmasi Minta Bantuan, klik Ya
  • Customer Care Tokopedia akan mempelajari komplain tersebut dan akan mengatakan solusi dalam waktu 3 hari, terhitung semenjak Anda mengklik Minta Bantuan

Cara Ubah Solusi
Anda masih sanggup mengubah solusi yang diajukan selama penjual belum mengklik tombol Terima Solusi.

  • Klik notifikasi, kemudian pilih Pusat Resolusi
  • Pilih komplain yang ingin Anda ubah solusinya
  • Klik Ubah solusi yang berada di bab atas pada halaman Pusat Resolusi
  • Tentukan duduk masalah apa yang Anda alami. Jika duduk masalah yang Anda alami terkait produk, akan ada 3 pilihan yaitu Rusak, Tidak sesuai deskripsi, dan Tidak lengkap. Jika duduk masalah yang Anda alami terkait ongkos kirim/dana sebagian, akan ada 2 opsi, yaitu Kendala dana lainnya dan Kendala ongkos kirim
  • Jika Anda juga mengubah duduk masalah yang dialami, jelaskan alasan Anda mengubah permasalahan pada kolom yang disediakan. Klik Berikutnya
  • Lampirkan bukti lainnya yang mendukung, ibarat foto produk, invoice, dan sebagainya. Lalu pilih solusi gres yang Anda inginkan. Klik Ubah


Sumber https://www.cemiti.id/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar