Skip to main content

Cara Unbrick Zenfone 2 Ze551ml Dan Ze550ml Hardbrick Mati Total


Berawal dari iseng-iseng downgrade Asus Zenfone 2 dari Marshmallow versi terakhir ini ke Lollipop malah menjadikan hanhphone Asus Ze551ml punya temen saya malah mati total. Dimana Asus Ze551ml terlihat seakan-akan tidak ada gejala kehidupan sama sekali. Biarpun di colok charger juga tidak ada tanda pengisian baterai. Nah, ketika handphone Asus Ze551ml di hubungkan dengan komputer/laptop, pada "Device Manager" malah muncul driver Other devices "MOOREFIELD" dengan tanda segitiga kuning, yang artinya driver itu belum terinstal.

Dengan alasan dikala ini game Point Blank tidak support dengan Asus Zenfone 2 Ze551ml dengan OS Android 6 Marshmallow, makanya saya iseng untuk downgrade ke Lollipop. Karena pada versi Lollipop, game Point Blank sanggup berjalan lancar. Namun apa jadinya, gres setengah jalan dalam proses downgrade, handphone malah matot. Apess kan..?

Namun sehabis bermeditasi beberapa lama, dan sembari bertanya mbah Google, jadinya hidup juga Asus Ze551ml yang mati total tadi. Hehe..

Untuk yang mengalami kasus Asus Ze551ml mati total dan tidak ada gejala kehidupan, jangan bersedih. Karena kalau hanya alasannya yakni berawal dari sofwear yang rusak, handphone Asus kau masih ada impian dan kemungkinan sanggup diperbaiki.

Nah, apabila kau juga mengalami Asus Zenfone 2 Ze551ml hardbrik/dead boot/mati total sehabis downgrade dari MM ke Lollipop, ataupun Asus Ze551ml mati total alasannya yakni salah flashing firmware atau mati total alasannya yakni upgrade. Kamu sanggup memakai tips yang saya pakai juga untuk cara perbaikan unbrik Asus Ze551ml mati total.

Tutorial ini saya sanggup dari sumber xda dev.

Adapun metode ini juga untuk memperbaiki handphone Asus Ze551ml ataupun Ze550ml yang mati total tidak sanggup masuk ke fasboot mode maupun  recovery mode. 

Cara Unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml Mati Total Melalui  Intel SoC xFSTK-Downloader

Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah perbaikan atau unbrick handphone Asus Ze551ml Ze550ml

  1. Langkah pertama.
  2. Lepas sambungan USB handphone Asus dari kamputer/laptop.  
  3. Asus USB Driver. Instal di PC/laptop kamu.
  4. IntelSocUSB driver, lakukan penginstalan dengan "Run as Administrator". 
  5. Apabila pada tahap instalasi IntelSocUSB driver ada pesan warning "Windows Security" requires authentication setting, silahkan pilih saja "instal this driver softwear anyway".
  6. Setelah selesai kau menginstal IntelSocUSB driver, coba hubungkan Asus Ze551ml ke komputer/laptop dengan kabel data.
  7. Ketika sukses instalasi IntelSocUSB driver, pada device manager komputer/laptop akan terlihat driver IntelSocUSB. Namun apabila handphone Asus Ze551ml belum terdeksi atau masih muncul pada Device manager di Other device "MOOREFIELD" dengan tanda seru kuning, kau sanggup lakukan tekan Tombol Power handphone, nantinya biar driver terdeteksi.
  8. Apabila instalasi IntelSocUSB sukses maka tidak ada lagi "MOOREFIELD" driver, dan akan muncul "new devices successful".

Langkah kedua.
  1. Instal xFSTK-Downloader v1.7 yang sanggup kau dapatkan disini. Dan kau sanggup instal ibarat aplikasi biasa.
  2. File yang diharapkan sesuai type handphone kamu Ze551ml  atau Ze550ml.  
  3. Setelah file diperlukan diatas sudah kau dapatkan, lakukan ekstrak, maka kau akan mendapat 3 file yaitu dnx_fwr.bin, ifwi.bin dan droidboot_dnx.img.POS_sign.bin.

Langkah Ketiga.
Proses unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml melalui xFSTK-Downloader.
  1. Buka xFSTK-Downloder.
  2. Pilih atau tab MRD A0/B0 + MOOR A0 + CRC dibagian bawah sajian xFSTK.
  3. Kemudian pilih "Option > Modify Settngs", ceklist " Enable GP Flag Override" dan rubah "GP Flag Override Value" menjadi 0x800000807.
  4. Lanjut pilih "OK".


Kemudian masukan 3 file yang diharapkan sudah kau ekstrak tadi satu persatu, sesuai type handphone kamu. Dan cari atau browse dimana tempat/lokasi hasil ekstrakan kau tadi berada dan tempatkan sesuai pada filenya ibarat ini.

- FW Dnx    isi dengan file : dnx_fwr.bin.
- IFWI         isi dengan file : ifwi.bin.
- OS DnX                           : biarkan kosong.
- OS Image isi dengan file : droidboot_dnx.img.POS_sign.bin.

Lanjut lagi, sehabis 3 file tadi sudah selesai kau isi, silahkan pilih "Begin Download".

Setelah progress 100 % atau proses download completed, maka handphone Asus Zenfone 2 kau akan restart. Pada tahap ini pada layar handphone tampil warna-warni, namun ada juga yang restart mentok di logo Asus ibarat punya saya. Yang penting disini handphone Asus Zenfone 2 yang tadinya mati total sanggup hidup kembali/bangkit kembali.

Setelah proses ini kau sudah sanggup lagi masuk ke fastboot mode Asus Zenfone 2. Meski tidak sanggup masuk ke sajian recovery mode, itu tidak apa, kita lanjut ke cara flashing Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml dengan memakai Asus Flashtool.


Catatan Dari Unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml

  • Apabila kau gagal dan pada xFSTK-Dowloader tidak sukses, coba gunakan ADB  CMD command. Agar handphone kau lebih cepat terdeteksi di PC/Laptop.
  • Apabila kau tidak sanggup masuk ke sajian fastboot mode dikarenakan fastboot.img terhapus dari system, kau harus menginstal fastboot sesuai sesuai type handphone dan versi Firmware yang sebelumnya kau pergunakan.
  • Apabila kau kesulitan pada tahap instal IntelSocUSB driver dengan dengan Windows 8 ataupun Windows 10, kau sanggup baca dari sumber artikel XDA diatas. 

Jangan segan untuk berkomentar, siapa tahu saya sanggup membantu.
Semoga tips cara unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml mati total dan hanya terdeteksi MOOREFIELD driver ini sanggup membantu.

Selamat mencoba.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar