Skip to main content

10 TIPS HIDUP LEBIH SEHAT


1. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH.
Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari. Air bisa membersihkan tubuh dari racun atau obat-obatan yang dikonsumsi. Minum segelas air sebelum tidur dan sesudah bangun pagi juga membuat tubuh akan lebih nyaman. Kurangi minum minuman keras atau minuman ringan yang mengandung soda atau gula tinggi.

2. MAKAN BUAH-BUAHAN DAN SAYUR-SAYURAN

Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Yang segar jauh lebih baik dari yang diolah. Buah dan sayur kaya vitamin dan banyak mengandung serat. Makanan kaya serat akan membantu  mengontrol kadar kolesterol serta baik untuk pencernaan.

3. CUKUPI ASUPAN PROTEIN, JANGAN PERBANYAK KOLESTEROL DAN MAKANAN MANIS
Saat makan, cukupi asupan protein. Jangan pula terlalu banyak makan. Tubuh membutuhkan protein untuk kekuatan  dan mengganti sel-sel yang rusak. Namun hindari makanan yang tinggi lemak dan tinggi kolesterol. Kurangi pula mengonsumsi makanan manis agar tidak jadi penyakit.

4. LAKUKAN OLAH RAGA
Lakukan olah raga secara teratur. Jika  tidak biasa berolahraga mulailah dengan latihan ringan dan perlahan-lahan beranjak ke jenis yang lebih berat. Pilih olahraga yang Anda suka.  Lakukan olah raga 2-3 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit. Olah raga yang dimaksud disini adalah yang melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh. Bukan bermain catur atau olah raga yang dilakukan dengan diam.

5. TIDAK BERLEBIHAN ATAU MEMFORSIR DIRI SAAT BEKERJA
Jangan berlebihan bekerja. Maksimal bekerja 10 jam per hari sudah cukup. Lebih dari itu  tubuh Anda bisa rentan terhadap penyakit. Tubuh kita juga perlu istirahat yang cukup dan jangan dipaksa bekerja melebihi batas normal.

6. TIDUR  CUKUP, BANGUN SEBELUM MATAHARI TERBIT
Milikilah waktu tidur yang berkualitas. Karena  kurang tidur atau terlambat tidur bisa memicu berbagai penyakit dan badan akan mudah letih, lesu, serta lemas. Tidur  8 jam perhari baik untuk kesehatan.  Waktu tidur yang tepat mulai dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi.  Bangunlah di subuh atau pagi hari sebelum matahari terbit dan nikmati udara pagi yang segar.

8. JAUHI KEBIASAAN BURUK

Kurangi merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, serta makanan cepat saji.

9. LEBIH RELIJIUS

Orang yang relijius ternyata hidupnya lebih tenang dan juga lebih sehat. Kenapa? Karena ajaran agama selalu mengajak kita berbuat baik kepada sesama. Selain itu menjalankan ritual agama membuat kita lebih tenang dan nyaman menjalani hidup.

10. LAKUKAN SILATURAHMI, 
 LEBIH RAMAH DAN MURAH SENYUM
Orang yang kurang silaturahmi akan lebih mudah sakit. Silaturahmi akan membuat hidup lebih rileks dan bahagia. Lebih ramah dan murah senyum juga akan membuat kita lebih nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar