Skip to main content

Mengatasi Gambar Atau Layar Video 360 Derajat Googel Cardboard Muter Bergerak Terus Di Lenovo K5 Plus

Seperti kita ketahui, Lenovo K5 plus sudah support sensor  gyroscope, jadi kita dapat menikmati foto atau video 360 derajat di Lenovo k5 plus. Dan kita juga dapat memakai aplikasi Google Cardboard dengan lancar di Lenovo k5 Plus ini. 

Namun saya pernah mengalami duduk perkara ketika memakai aplikasi Google Cardboard pada Lenovo k5 Plus ini. Yaitu pada ketika memakai aplikasi Google Cardboard, gambar atau video bergerak muter terus tidak mau berhenti, padahal handphone tidak bergerak. Penasaran juga, ketika saya coba buka aplikasi Google Cardboard tanpa kacamata VR pun, gambar atau layar bergerak muter terus tidak mau berhenti, padahal handphone tidak bergerak sama sekali. Meskipun layar bergerak pelan, namun terasa bikin puyeng dan pusing ketika memakai Google Cardboard melalui kacamata VR di Lenovo K5 Plus ini. Serasa pingin dijual saja handphone ini. Hehe.

Nah untuk mengatasi duduk perkara Lenovo k5 Plus layar terus bergerak berputar pada ketika memakai aplikasi Google Cardboard, saya melaksanakan kalibrasi pada sensor gyroscope dan sensor accelerometer pada Lenovo k5 Plus ini.

Cara Praktis Kalibrasi Sensor Accelerometer Dan Sensor Gyroscope Lenovo k5 Plus.

 jadi kita dapat menikmati foto atau video  Mengatasi Gambar Atau Layar Video 360 Derajat Googel Cardboard Muter Bergerak Terus Di Lenovo K5 Plus
Kalibrasi Sensor Accelerometer dan Sensor Gyroscope Android Lenovo k5 Plus

Berikut cara dan langkah-langkah kalibrasi sensor accelerometer dan sensor gyroscope Lenovo K5 Plus a6020a.

Metode Pertama.

  1. Matikan Lenovo K5 Plus.
  2. Tekan Tombol Volume Up (+) dan Tombol Power bersamaan.
  3. Maka akan masuk ke Factory Test Mode Lenovo K5 Plus.
  4. Bila kau tidak tahu bahasa China, kau dapat klik "Chinese" untuk merubah bahasa sajian menjadi bahasa English.
  5. Pilih "Sensor Test".
  6. Pilih no.1 "GYROSCOPE SENSOR".
  7. Maka sensor Gyroscope akan dikalibrasi, apabila success, akan muncul pesan "calibration result = success", kemudian lanjut pilih "Pass".
  8. Lanjut kalibrasi sensor accelerometer.
  9. Letakan/taruh handphone Lenovo k5 Plus pada papan atau bidang yang rata.
  10. Pilih no.2 "ACCELEROMETER SENSOR".
  11. Pilih atau tap "CALIBRATION" yang warna hijau itu.
  12. Disini kau dapat testing posisi Z+, Z-, X+, X-, Y+, Y-, 45+ degree dan 45- dengan cara membalik, memiringkan, menegakan serta memiringkan posisi handphone Lenovo K5 Plus.
  13. Apabila seluruh sensor sudah dikalibrasi dan simpulan atau sukses akan muncul pesan "calibration result = success".
  14. Jika sudah simpulan lanjut pilih "Pass". Lalu lanjut pilih "finish".
  15. Maka akan diarahkan ke sajian utama "Factory Test Mode" lagi.
  16. Pilih "Recovery". Maka akan diarahkan ke Menu Recovery Mode Lenovo K5 Plus.
  17. Lanjut pilih no.1 "Reboot System Now".
  18. Maka Lenovo K5 plus akan reboot otomatis.
  19. Coba cek pada aplikasi Google Cardbord, maka yang gambar atau layar di Google Carboard yang tadinya bergerak muter terus tidak mau stabil, kini akan stabil.
  20. Dan kini kau dapat menonton/menikmati video 360 atau memakai kacamata VR Google Cardboard dengan nyaman di Lenovo K5 Plus.
  21. Selesai.
Metode Kedua.
Metode ini apabila kau tidak bisa, kesusahan, gagal atau "fail" ketika kalibrasi sensor accelerometer Lenovo k5 Plus pada metode pertama di atas. Untuk metode kedua ini, kita memakai aplikasi pihak ketiga yang dapat kita unduh pribadi dari Google Play/Play Store.

  1. Buka Google Play, unduh dan instal aplikasi Accelerometer Calibration Free.
  2. Taruh/letakkan Lenovo K5 Plus pada bidang papan horizontal yang rata.
  3. Buka aplikasi Accelerometer.
  4. Lakukan kalibrasi sensor accelerometer hingga titik merah berada di tengah.
  5. Jika sudah selesai, reboot Lenovo K5 Plus kamu.
  6. Selesai.
Sekedar catatan dari .
Apabila pada ketika kau melaksanakan kalibrasi sensor accelerometer pada metode pertama, muncul pesan hasil kalibrasi gagal atau "calibration result = fail", alasannya yakni agak susah untuk kalibrasi posisi 45+ degree dan 45- degree (selalu atau hanya muncul pesan "Testing.."). Kamu dapat tekan Tombol Back dan keluar dari sajian dan coba lihat dari aplikasi Accelerometer calibration Free.
Apabila di aplikasi Accelerometer Calibration Free balasannya titik merah sudah ditengah, kau tidak perlu lagi melaksanakan kalibrasi sensor accelerometer.

Nah demikian sedikit dongeng pengalaman memakai kacamata VR Google Cardboard di Lenovo k5 Plus yang bikin puyeng, gambar dan layarnya muter bergerak tidak mau berhenti. Semoga goresan pena ini mempunyai kegunaan bagi kita pengguna Lenovo K5 Plus yang mengalami duduk perkara gambar atau layar ketika buka aplikasi video 360 derajat atau Google Cardboard gambar atau layar tidak mau satabil.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar