Skip to main content

Atasi Samsung Galaxy Note 3 Sinyal Hilang Sehabis Ganti Flexyble Charger

Replace charging port usb connector galaxy note  Atasi Samsung Galaxy Note 3 Sinyal Hilang Setelah Ganti Flexyble Charger

Akhirnya handphone Samsung Galaxy Note 3 N900 aku normal lagi. Yang sebelumnya Galaxy Note 3 aku tidak sanggup mendapatkan sinyal 3G sesudah ganti flexyble charger.

Sekedar catatan wacana perbaikan handphone Samsung Note 3 tidak sanggup dicharge.

Awal mula Samsung Galaxy Note 3 aku tidak sanggup mengisi baterai/tidak sanggup dicharge. Pada kondisi ini handphone masih hidup normal, hanya tidak mau mengisi baterai saja ketika di charge. Sudah aku sudah coba ganti charger yang lain dan coba membersihkan port charger Galaxy Note 3 dengan alkohol tapi tetap saja hasilnya nihil, tidak ada gejala indikator pengisian baterai yang muncul.
Hari berikutnya aku tiba ke daerah teman aku yang tidak mengecewakan tahu wacana duduk masalah hardwear handphone. Setelah dicek dicoba menyarankan untuk ganti flexyble charger Note 3.
Berhubung di toko spare part handphone di toko langganan aku tidak ada ( stock kosong ) untuk flexyble charger Galaxy Note 3 N900 3G, aku coba pakai flexyble charger Note 3 N9005 LTE, lantaran aku pikir spare part ini sama saja. Oh ya, untuk harga flexyble charger Samsung Galaxy Note 3 N9005 LTE di toko langganan aku beli 45.000 rupiah ( KW ). Dengan alasan juga dari pada handphone harus di charger pakai charger deskstop, capek kan kalo harus bongkar pasang baterai.

Pasang Part Flexyble Charger Pada Samsung Galaxy Note 3.

Nah hasil sesudah aku pasang part flexyble charger Samsung Galaxy Note 3 LTE N9005 pada Galaxy Note 3 N900 3G sebagai berikut.
  1. Setelah selesai penggantian flexyble charger dengan baik, dan sim card juga sudah terpasang pada Galaxy Note 3, aku hidupkan handphone.
  2. Handphone booting, hidup normal.
  3. Saya coba colokan charger pada handphone Note 3, dan taraaaaa.... alangkah senangnya hati aku lantaran handphone Note 3 sudah sanggup dicharger normal kembali.
  4. Tapi rasa senangku tidak berlansung lama.
  5. Saya coba hidupkan paket data, lantaran posisi paket data sebelumnya off.
  6. Setelah paket data on, aku setting untuk menentukan pada wcdma only.
  7. Pada ketika diset ke wcdma only, pada status bar, sinyal seluler muncul bulat disilang, yang menunjukan sinyal seluler hilang.
  8. Namun ketika aku coba setting posisi wcdma/gsm sambung otomatis, sinyal seluler GSM kembali muncul, namun untuk sinyal data pada status kafe hanya mentok E ( EDGE ).
  9. Sudah aku coba hardreset dan coba flashing ulang pun hasilnya sama saja, Galaxy Note 3 hanya sanggup sinyal internet E ( EDGE ). Dan ketika posisi paket data on dan lock di wcdma only, sinyal seluler menjadi hilang.
  10. Saya berpikir, sinyal hilang pada Note 3 N900 disebabkan lantaran aku lantaran aku memakai spare part flexyble charger punya Galaxy Note 3 LTE N9005.
Itung-itung kejadian diatas ialah coba-coba, siapa tahu sanggup berhasil, walau pada kesannya hasilnya nihil juga. Hehehe. Kemudian aku berasumsi untuk ganti flexyble charger Note 3 N900 dengan type yang sama juga yaitu dengan memakai part Note 3 3G N900 juga.

Percobaan kedua, memakai konektor charger yang satu type dengan type handphone.

Selang semingguan lebih kesannya aku mendapatkan spare part flexyble charger untuk type Note 3 N900  3G, yang sama dengan type handphone saya. Spare part flexyble charger ini aku beli dengan harga 35.000 rupiah (lebih murah 10 ribu rupiah dari harga sebelumnya) dengan catatan ini barang KW juga ( bukan original SEIN ).
Dan sesudah aku pasang part flexyble charger KW ( bukan ori SEIN ) ini mengantikan flexyble Charger Note 3 LTE N9005 yang terpasang pada Galaxy Note 3 N900 3G saya, ternyata hasilnya sama saja, ibarat pada ketika aku memakai part flexyble charger type Note 3 LTE N9005. Yaitu meski sanggup di charging, namun sinyal internet hilang waktu mode jaringan diset pada otomatis ataupun sewaktu di lock di wcdma only.

Ternyata sesudah searching Google sana-sini, part flexyble charger Galaxy Note 3 N900 jikalau rusak, harus di ganti dengan part yang betul-betul original SEIN. Entah sebabnya atau bedanya dimana aku kurang tahu, lantaran memang pada part flexyble charger Galaxy Note , terdapat part yang terhubung dengan antena sinyal seluler.
Pada kondisi ini aku terima keadaan dahulu, bahwa handphone Galaxy Note 3 N900 aku tidak sanggup mendapatkan sinyal  jaringan internet 3G,dan hanya mentok pada jaringan E ( EDGE ). Berminggu-minggu aku masih bersabar dalam kondisi ini, lantaran aku tidak ada dana untuk membawa Samsung Galaxy Note 3 N900 aku ke Samsung Service Center ( SSC ), lantaran Anda niscaya tahu kan kalau part Samsung ini tidak mengecewakan mahal.

Karena saking tidak betahnya saya, lantaran Galaxy Note 3 aku hanya sanggup menangkap sinyal EDGE, lalu aku meminta pertolongan pada teman aku yang tahu wacana hardwear tadi, dan beliau menyarankan untuk membawa part bekas flexyble charger original Galaxy Note 3 N900 3G bawaan handphone yang rusak tidak sanggup dicharger. Yang kebetulan part ini masih aku simpan.

Percobaan selanjutnya ialah menukar atau mengganti port connector charger / charging Galaxy Note 3 N900 usang dengan port connector charger dari part KW.

Dan sesudah ganti charging port ucb connector pada flexyble charger original yang lama, dan sudah terpasang baik, hasilnya .... taraaaa.. sinyal jaringan 3G muncul lagi dan hanphone Galaxy Note 3 aku kembali normal dan sanggup di charge/charging lagi.

Replace charging port usb connector galaxy note  Atasi Samsung Galaxy Note 3 Sinyal Hilang Setelah Ganti Flexyble Charger
cukup ganti port charging usb connector

Sekedar catatan dan kesimpulan dari hasil percobaan oleh .

  • Bersihkan dahalu port charger dengan thinner atau alkohol sebelum memutuskan untuk mengganti port USB charger.
  • Kesimpulannya, jikalau handphone Galaxy Note 3 rusak tidak sanggup di charge/charging, lebih baik tidak usah beli part KW, terkecuali jikalau anda beruntung part itu cocok dengan handphone Anda.
  • Perbaikan handphone Galaxy Note 3 atau munkin juga untuk Galaxy seri S yang rusak tidak sanggup charge atau tidak sanggup charging, lebih baik ganti dahulu  charging connector/charger port usb connector terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk ganti sepaket flexyble charger.
  • Apabila cara diatas sudah Anda coba dan hasilnya nihil, ada baiknya beli part copotan atau beli yang betul-betul original SEIN.
  • Cara terakhir, jangan sia-siakan uang Anda, jikalau diatas sudah mentok silahkan bawa handphone Galaxy Note anda ke SSC.
Nah agar catatan kecil aku ini berkhasiat bagi anda, yang mengalami handphone Samsung Galaxy Note 3 tidak sanggup di charge/charging.
Salam.


 




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar